Instagram Bakal Luncurkan Reels, Fitur Mirip TikTok

CNN Indonesia | Minggu, 19/07/2020 04:47 WIB
Fitur Night Mode atau Mode Gelap yang sudah dapat diapplikasikan digawai sekarang merambah ke applikasi instagram dan youtube. Instagram dikabarkan bakal meluncurkan fitur baru bak TikTok dengan nama Reels bulan depan.(CNN Indonesia/Daniela Dinda).
Jakarta, CNN Indonesia --

Instagram dikabarkan bakal meluncurkan fitur baru berbagi video tersendiri bernama Reels. Fitur itu diklaim bekerja lebih baik daripada TikTok yang kini di peringkat teratas aplikasi non-gim.

Instagram mengatakan fitur telah diuji coba di India sejak pekan lalu. Rencananya, Reels akan meluncur dalam waktu dekat di Amerika Serikat dan 50 negara lainnya.

Melansir CNN, pengumuman Reels muncul ketika pengguna TikTok mengalami penurunan setelah India melarang aplikasi video bentuk pendek dan AS mengindikasikan akan melakukan hal yang sama. 


"Kami selalu melihat apa yang orang inginkan dan berinovasi setiap hari untuk menemukan cara baru untuk meningkatkan pengalaman bagi orang," kata juru bicara Facebook.

Instagram dan perusahaan induknya, Facebook memiliki riwayat meniru fitur baru aplikasi lain dan berhasil.  Pada 2016, perusahaan meluncurkan fitur Stories-nya, yang memungkinkan orang untuk berbagi konten dan kemudian terhapus setelah 24 jam. 

Delapan bulan kemudian, fitur itu berhasil melampaui jumlah pengguna harian Snapchat.  Bahkan, jumlah penggunanya lebih dari dua kali lipat dari Snapchat.

Instagram rupanya bukan satu-satunya perusahaan yang ingin bersaing dengan TikTok. YouTube juga diketahui sedang mengembangkan saingan TikTok yang diberi nama Shorts, yang akan dirilis pada akhir tahun ini.

Sedangkan Snapchat juga dikabarkan sedang mengembangkan fitur baru yang membuat penggunanya bisa lebih berkreasi.

Melansir Tech Crunch,  Reels dirancang untuk secara langsung menantang dominasi TikTok yang sedang tumbuh. Reels memungkinkan pengguna untuk membuat dan memposting video pendek berdurasi 15 detik yang disetel ke musik atau audio lainnya, mirip dengan TikTok.

Seperti TikTok, Reels juga menawarkan seperangkat fitur pengeditan, misalnya penghitung waktu mundur dan fitur untuk menyesuaikan kecepatan video, misalnya yang bertujuan untuk memudahkan untuk merekam konten kreatif.

Selain menyasar India, Instagram berharap bisa menggaet puluhan juta pengguna baru jika AS resmi melarang TikTok di AS.

(pjs/age)

[Gambas:Video CNN]