Roket Apollo 11 yang Antar Manusia Pertama ke Bulan Dilelang

CNN Indonesia
Senin, 20 Jul 2020 07:32 WIB
Apollo 11 Ilustrasi Apollo 11. (Dok. Google)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mesin roket Apollo 11 yang mengantarkan Neil Armstrong dan Buzz Aldrin ke Bulan dilelang. Misi yang membawa manusia pertama kali ke Bulan ini terjadi pada tahun 1969 silam.

Selain roket, potongan dari antariksa, memorabilia teknologi, dan potongan meteor dari  seluruh pelosok dunia. Lelang yang akan berakhir pada Kamis (23/7) ini melelang barang-barang dari 45 kolektor termasuk koleksi dari Anggota dewan SpaceX dan Tesla, Steve Jurvetson.

Hingga saat ini lelang telah menjual 288 barang dengan total US$690 ribu atau sekitar Rp10,2 miliar.


Barang-barang yang dijual dengan harga tinggi dalam pelelangan adalah adalah Robbins Medallion. Koin tersebut dibuat khusus untuk para astronaut  Apollo 7 untuk memperingati misi tersebut.

Koin tersebut juga telah terbang bersama Ed Gibson dalam perjalanan misi 1972 ke Bulan. Koin tersebut Itu dijual seharga US$ 50,9 ribu atau sekitar Rp753 juta,sekitar 10 kali lebih banyak dari yang diharapkan.

Selain Robbins Medallion. sebuah bendera kecil Amerika Serikat juga terjual US$30 ribu atau berkisar Rp443 juta atau 12 kali lipat dari yang diperkirakan. Bendera itu dibawa astronaut Dave Scott di sakunya ketika dia berjalan di Bulan selama misi Apollo 15 NASA pada tahun 1971.

Rumah lelang yang mengadakan acara itu, Rumah lelang RR merupakan surga bagi penggemar ruang angkasa yang terobsesi untuk melestarikan atau menghasilkan uang potongan-potongan sejarah NASA.

Dalam beberapa tahun terakhir, rumah lelang tersebut menjadi tempat penjualan beberapa bagian paling berharga dari sejarah luar angkasa. Salah satunya adalah arloji milik astronaut Dave Scott saat pendaratan Apollo 15 Moon 1971, yang dijual seharga $ 1,6 juta pada tahun 2015.

Banyak benda yang telah melewati daftar RR Lelang diam-diam disimpan selama beberapa dekade setelah program Apollo berakhir pada tahun 1972.

Tanpa diketahui publik, para astronaut NASA awal sering kali menentang perintah dengan menyimpan potongan-potongan perangkat keras dan membawanya pulang sebagai kenang-kenangan.

"NASA tahu mereka melakukan ini, tetapi itu menimbulkan keributan," kata Bobby Livingston, wakil presiden eksekutif RR Auction.

NASA menggugat astronot Edgar Mitchell pada 2011 karena mencoba melelang kamera video yang ia bawa bersamanya selama misi Bulan pada 1971.

Mitchell harus rela kehilangan kopernya dan dipaksa untuk menyerahkan kameranya kepada pemerintah AS. Namun, pada 2012, Kongres mengesahkan undang-undang yang memberikan kepemilikan anggota awak Merkurius, Gemini, dan Apollo atas barang-barang mereka.

Salah satu barang yang dilelang RR Lelang minggu ini adalah sendok yang digunakan oleh astronaut Edgar Mitchell selama misi Apollo 14. Itu dijual seharga US$25 ribu atau sekitar Rp369 juta.

(jnp/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER