Anti Gores HP dari AS Diklaim Tak Pecah Jatuh dari 2 Meter

CNN Indonesia | Senin, 03/08/2020 22:07 WIB
Anti gores HP generasi terbaru Corning Gorilla Glass Victus diklaim anti kuman dan tak akan hancur jika jatuh dari ketinggian dua meter. Ilustrasi kaca ponsel pecah. (Andhika Akbarayansyah).
Jakarta, CNN Indonesia --

Perusahaan pelindung layar asal Amerika Serikat, Corning baru saja meluncurkan anti gores terbaru, Corning Gorilla Glass Victus yang berbahan kaca. Anti gores generasi terbaru ini diklaim akan memberikan perlindungan dari benturan akibat jatuh dan goresan ke layar ponsel.

Tak hanya itu, desain pelindung layar memberikan beberapa petunjuk desain yang akan ditampilkan dari desain iPhone dan Samsung Galaxy.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut lima keunggulan Corning Gorilla Glass Victus.


1. Mampu menahan benturan dari ketinggian dua meter.

Gorilla Glass Victus mampu menahan benturan dari ketinggian maksimal dua meter. Ketahanan benturan ini meningkat dari Gorilla Glass 6 yang dapat menahan benturan dari ketinggian maksimal 1,6 meter.

Tak hanya itu, Victus juga diklaim memiliki kekuatan anti gores dua kali lipat dari Gorilla Glass 6. Sejak diluncurkan pada 2018, Gorilla Glass 6 terus mengembangkan anti gores khusus untuk ponsel.

Dilansir dari The Verge, Corning juga meningkatkan tingkat ketahanan Victus dari akumulasi jatuh. Victus diklaim dapat jatuh sebanyak 20 kali dari ketinggian 1 meter.

Perusahaan berbasis di New York ini telah memasok pelindung layar bagi perusahaan seperti Samsung dan Apple.

"Kami tidak ingin faktor penentu pada masa pakai ponsel menjadi rusak," kata Kepala Bisnis Gorilla Glass Corning, John Bayne.

Menurut Bayne, dibutuhkan dua hal untuk membuat kaca pecah, yaitu goresan dan jatuh. Itu kemungkinan alasan mengapa beberapa ponsel tidak rusak apabila mendarat di permukaan yang halus.

Layar ponsel lebih rentan rusak atau pecah apabila terdapat goresan di anti gores yang muncul akibat ponsel di saku atau di tas.

Itulah alasan mengapa Corning menggunakan amplas untuk uji tes jatuh ponsel karena sangat mirip dengan tekstur aspal yang dapat menyebabkan goresan pada benturan.

2. Desain lebih ringan dan lebih tipis

Meski anti gores lebih kuat, Samsung dan Apple dapat membuat kaca lebih tipis tanpa mengorbankan daya tahan. Dengan mengurangi beberapa milimeter, ponsel lebih tipis dan ringan.

"Apakah mereka menggunakan semua peningkatan pada daya tahan kaca atau apakah ketebalan dikurangi untuk desain yang lebih ruang," kata Bayne.

Selain ketebalan, bentuk ponsel bisa memengaruhi daya tahan ponsel. Jadi, bentuk ponsel yang melengkung atau lurus bisa mengubah tingkat daya tahan lapis meski telah menggunakan Gorilla Glass Victus.

3. Perlindungan kamera lebih kuat

Ketika modul kamera menjadi lebih besar dan lebih menonjol, lensa mereka menjadi jauh lebih rentan terhadap keretakan. Bayne memprediksi baik Apple dan Samsung akan fokus kepada perlindungan kamera.

"Saya pikir Anda akan melihat lebih fokus pada kaca yang digunakan di kamera bagaimana kaca itu dilindungi permukaan atau bahan komposit untuk meningkatkan optik dan daya tahan," kata Bayne.

4. Kaca anti-kuman

Dilansir dari CNet, Corning juga membuat solusi pelindung layar anti bakteri untuk perangkat seperti laptop dan ATM. Perusahaan telah bekerja sama dengan pembuat case Otterbox untuk menawarkan pelindung layar anti bakteri untuk ponsel.

Bayne mengatakan kaca itu saat ini sedang diuji untuk melihat apakah itu melindungi terhadap Covid-19 yang baru dan bahwa. Jika terbukti efektif, maka vendor ponsel akan menggunakan kaca tersebut di perangkat ponsel.

(DAL/DAL)

[Gambas:Video CNN]