Susul Thailand, Corolla Cross Meluncur di RI Pekan Depan

CNN Indonesia | Kamis, 30/07/2020 11:07 WIB
Corolla Cross sudah meluncur di Thailand pada 9 Juli, Indonesia berencana melakukannya pada 6 Agustus. Toyota Corolla Cross. (Toyota Thailand)
Jakarta, CNN Indonesia --

Toyota Astra Motor (TAM) menjadwalkan peluncuran model terbaru Corolla Cross pekan depan, tepatnya pada Kamis (6/8). Jadwal peluncuran di Indonesia ini bakal menyusul debut yang sudah dilakukan di Thailand pada pekan 9 Juli.

Sama seperti di Thailand, peluncuran Corolla Cross juga akan dilakukan secara online. Hal ini diketahui berdasarkan surat elektronik perusahaan berisi undangan peluncuran kepada media pada Rabu (29/7).

Indonesia akan menjadi negara kedua yang menjual Corolla Cross di dunia. Nama Corolla yang sudah digunakan Toyota sejak 54 tahun lalu lebih dikenal sebagai sedan atau hatchback, namun potensi pasar SUV secara global telah mengiring merek Jepang itu melahirkan SUV dari nama ini.


Corolla Cross merupakan crossover yang dirancang menggunakan platform Toyota New Global Architecture C (TGNA-C). Platform itu juga sudah dipakai pada dipakai Corolla sedan dan hatchback, C-HR, Prius, dan Lexus UX.

Corolla Cross punya wheelbase seperti C-HR, yakni 2.640 mm. Tapi dari ukuran bodi lebih besar yakni panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm.

Toyota Thailand menawarkan dua opsi mesin Corolla Cross, yakni bensin 1.800 cc 2ZR-FBE dengan 140 hp dan 175 Nm dan mesin hybrid yang mengkombinasikan 1.800 cc 2ZR-FXE (98 hp dan 142 Nm) dan motor listrik 600 volt (72 hp dan 163 Nm).

Toyota Corolla Cross meluncur di Thailand, Kamis (9/7).Toyota Corolla Cross meluncur di Thailand, Kamis (9/7). (Toyota Thailand)

TAM bisa jadi akan memasarkan dua opsi mesin itu, namun konfirmasinya menunggu keterangan resmi saat peluncuran. Sehari setelah debut Corolla Cross di Thailand, Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi sudah mengungkap rencana perusahaan melakukan peluncurannya walau tidak menyebut jadwal pastinya.

"Iya betul, detailnya nanti ya," ucap Anton Jimmi, Direktur Pemasaran TAM, Jumat (10/7).

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]