Konsultasi Otomotif

Solusi Radiator Daihatsu Gran Max Bocor

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Minggu, 02/08/2020 12:05 WIB
Radiator mobil bocor tidak harus langsung melakukan pengantian. Cek terlebih dahulu bagian-bagian penting untuk mendeteksi kebocoran dan lakukan penambalan. Ilustrasi radiator mobil bocor. (Foto: istock/olando_o)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertanyaan: Radiator Daihatsu Gran Max bocor, apakah harus ganti baru?

Penanya: @do_one11

Jawaban: Apabila terjadi air radiator berkurang, ini belum tentu akibat ada kebocoran pada radiatornya. Berkurangnya air radiator bisa disebabkan komponen-komponen lain yang ada pada sistem pendinginan seperti misalnya selang air radiator, water pump, pipa air radiator dan juga dari system heater yang masuk ke ruang kabin.


Jadi sebaiknya dicek dulu menggunakan radiator tester untuk mendeteksi penyebab kebocoran air radiator. Pengecekan ini untuk mencari bagian komponen yang bermasalah.

Namun apabila benar ada kebocoran pada radiator, cara yang paling tepat adalah dengan mengganti radiator. Untuk menghemat biaya pemiliknya bisa melakukan servis dan penambalan pada bagian yang bocor.

Pastikan tidak ada kisi-kisi jalur air di radiator yang disumbat agar sistem pendinginan tetap berfungsi dengan baik, dan volume air radiator dimonitor untuk pemakaian awal setelah dilakukan servis radiator ini.

Provis - Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.

(mik)

[Gambas:Video CNN]


BACA JUGA