Anji-Hadi Pranoto Trending Twitter Usai Bahas Obat Corona

Jonathan Patrick, CNN Indonesia | Senin, 03/08/2020 08:42 WIB
Nama Anji dan Hadi Pranoto trending di twitter usai Hadi Pranoto setelah beredar video Youtube terkait klaim menemukan obat herbal untuk mengobati virus corona. Musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anjiv. (Foto: ANTARA FOTO/Teresia May)
Jakarta, CNN Indonesia --

Musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji kembali membuat video kontroversial setelah mengunggah video Youtube bersama Hadi Pranoto, seseorang yang mengklaim telah menemukan obat herbal untuk mengobati virus corona SARS-CoV-2.

YouTube sendiri telah menghapus video tersebut di kanal YouTube miliki Anji, dunia MANJI. Perlu diketahui, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) meragukan klaim seorang dokter dan ahli mikrobiologi bernama Hadi Pranoto yang menyatakan telah menemukan obat herbal Covid-19.

Postingan Anji itu kemudian ramai dibicarakan oleh warganet sejak 18 jam lalu atau pada Minggu (2/8) hingga Senin (3/8) pagi pukul 07.30 WIB.


Bukan kali ini Anji membuat kontroversi, sebelumnya Anji juga membuat kontroversi dengan mengomentari sebuah foto korban meninggal dunia virus corona Covid-19 karya pewarta foto Joshua Irwandi.

Tak hanya itu ia juga mengatakan bahwa SARS-CoV-2 tak terlalu menakutkan seperti yang dibayangkan.

Banyak warganet yang menyoroti kemampuan Anji untuk berbicara yang tidak sesuai dengan keilmuan yang ia miliki. Warganet kemudian membagikan cuplikan video saat vokalis Noah, Ariel diwawancarai oleh Anji.

Netizen Seraya mengingatkan Anij lebih baik seperti Ariel yang tidak mengeluarkan komentar apapun di luar kemampuannya.

Direktur Eksekutif SAFEnet Damar Juniarto juga ikut berkomentar di Twitter. Ia membuat sebuah utas untuk membahas soal konten semi-hoaks dibuat oleh Anji.

Selain meragukan obat herbal ciptaan Hadi, IDI juga tak menemukan data Hadi Pranoto pada data keanggotaan IDI. Sejauh ini yang pihaknya temukan adalah sosok dengan nama serupa, namun memiliki wajah yang diduga lain.

Damar mengatakan justru Anji enggan meminta maaf dan malah menyalahkan Hadi Pranoto. Anji mengatakan yang seharusnya minta maaf ke publik adalah Hadi Pranoto.

Damar mengingatkan, seharusnya Anji melakukan penelitian dalam topik yang dibahas dan orang yang diwawancarai.

Seorang warganet juga membagikan video wawancara Anji dengan Hadi Pranoto. Ia bingung mengapa Anji yang notabene merupakan influencer bisa-bisanya mewawancarai seorang profesor abal.


Seorang warganet @bobapabo menyarankan agar Anji tak sembarangan bersuara mengenai isu-isu sensitif Covid-19. Sebab, Anji tak memiliki latar pendidikan yang sesuai untuk bersuara terkait obat Covid-19.


Warganet juga mengatakan Anji cocok menjadi Pemimpin Redaksi media yang ingin naik daun. Sebab Anji memiliki kemampuan untuk membuat judul-judul clickbait yang menarik khalayak.

Di sisi lain, seorang warganet mengatakan konten semi-hoaks ini bukan hanya kesalahan Anji, tapi juga kesalahan Hadi yang juga memberikan data yang tidak benar.

Sebelumnya, video yang diunggah musisi Anji lewat akun Youtube pribadinya tentang virus corona (Covid-19) hilang. Video tersebut sudah tidak tampak di akun dunia Manji sejak Minggu (2/8) malam.

Diketahui, video yang dimaksud bertajuk BISA KEMBALI NORMAL? OBAT COVID 19 SUDAH DITEMUKAN !! (Part 1). Video diunggah sejak 31 Juli. Namun kini sudah tidak ada di akun dunia Manji.

(jnp/mik)

[Gambas:Video CNN]