Konsultasi Otomotif

Penyebab Bau Asap Knalpot di Dalam Mobil

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Minggu, 09/08/2020 13:41 WIB
Ventilasi dan karet yang rusak bisa menjadi penyebab asap knalpot masuk ke kabin penumpang. Ilustrasi asap knalpot tercium di dalam kabin. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertanyaan: Apa penyebab bau asap knalpot di dalam mobil?

Penanya: @aklimw

Jawaban: Diduga penyebabnya adalah karena ventilasi antara ruang mesin ke ruang kabin atau dari knalpot ke kabin.


Untuk mengetahui masalahnya silakan cek apakah ada lubang yang terbuka, ini antara lain bisa terjadi karena ada instalasi kabel tambahan yang kurang rapat saat pemasangan.

Cek juga karet-karet pintu dan rel kaca mobil, karena kerusakan pada bagian ini bisa menghadirkan udara luar ke kabin termasuk asap knalpot dalam kabin. Ini berlaku untuk kendaraan lawas.

Bau asal knalpot juga bisa disebabkan dari ujung knalpot. Karena itu cek ujung belakang knalpot haruslah melebihi bumper bagian belakang. Bau asal dalam kabin akan semakin menyengat bila pembakaran mesin kurang sempurna. Dalam kondisi itu asap pembuangan knalpot mengeluarkan bau berlebihan.

Provis - Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.

(mik)

[Gambas:Video CNN]


BACA JUGA