Cara Membersihkan Mesin Mobil Agar Tetap Kinclong

CNN Indonesia | Kamis, 13/08/2020 23:20 WIB
Tujuh langkah membersihkan blok mesin mobil di rumah dengan dana minim. Membersihkan blok mesin mobil di rumah. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Blok mesin merupakan bagian yang jarang dibersihkan pemilik mobil. Padahal selain oli, ruang mesin tempat bersarangnya debu hingga serangga. Oleh karena itu anda perlu tahu cara membersihkan mesin mobil.

Bagi pemilik mobil berkocek tebal kondisi itu adalah hal ringan. Saat ada waktu, cukup bawa mobil pergi ke auto detailing, dalam beberapa saat kemudian mobil keluar dalam kondisi kinclong seluruhnya.

Sementara untuk pemilik mobil dengan kocek "pas-pasan" tentu harus mengerjakan sendiri di rumah. Bagi kita yang ingin membersihkan sendiri blok mesin ada caranya. Ada beberapa peralatan yang perlu disiapkan, seperti cairan pembersih serbaguna atau air sabun, degreaser (cairan pembersih blok mesin), sikat, kuas, dan kain bersih.


Kain lap setidaknya bisa terbagi sebagai lap pembersih awal dan lap pengeringan. Lap pembersih awal tidak boleh digunakan sebagai lap pengeringan dan sebaliknya.

Hal tersebut dilakukan agar mesin mobil yang telah dibersihkan tidak kotor lagi saat dikeringkan menggunakan kain lap pembersih awal. Sudah pasti lap pembersih awal ada debu-debu bahkan oli yang menempel.

Berikut langkah membersihkan mesin mobil di rumah:

1. Lindungi kelistrikan mesin mobil

Mesin terdapat beberapa komponen kelistrikan. Maka dari itu pemilik perlu memperhatikan kabel yang terkelupas. Tutup bagian kabel yang terkelupas menggunakan plester untuk menghindari korsleting .

2. Copot kabel baterai

Aki atau baterai adalah sumber kelistrikan pada mobil. Jika mencopot kabel aki maka akan memutus semua aliran listrik pada mobil. Hal ini bertujuan juga untuk mengurangi risiko korsleting saat mulai pembersihan.

3. Angkat baterai dari tempatnya

Agar lebih aman angkat aki dari tempatnya agar lebih leluasa membersihkan blok mesin dengan menggunakan cairan. Sebelum membersihkan komponen mesin-mesin, kita bisa memulai pembersihan bagian bawah kap mesin. Bagian ini mendapat giliran pertama karena letaknya yang berada di atas.

Membersihkan bagian ini bisa memanfaatkan cairan serbaguna. Bersihkan kotoran yang menempel hanya dengan sikat. Setelah selesai keringkan menggunakan kain microfiber atau plas chamois.

4. Bersihkan mesin dalam kondisi dingin

Pastikan mesin harus dalam keadaan dingin. Diawali dengan cara sederhana membersihkan blok mesin dengan melunturkan kotoran-kotoran ringan pada permukaan, namun pada tahap selanjutnya bisa gunakan cairan pembersih untuk hasil lebih maksimal.

Bersihkan mesin mulai dari permukaan yang lebar hingga ke celah-celah terkecil. Setelah itu bilas dengan air bersih. Saat melakukan pembersihan jangan gunakan air mengalir, gunakan air secukupnya agar bisa menakar sendiri bagian-bagian yang tidak bisa kena air.

5. Gunakan engine degreaser bagian blok mesin yang terlihat

Semprotkan engine degreaser ke permukaan blok mesin. Penggunaan engine degreaser harus tepat karena mengandung zat-zat kimia tertentu yang dapat membersihkan kotoran yang menempel pada mesin seperti oli. Zat itu akan bereaksi tidak lama setelah menempel di permukaan blok mesin yang kotor.

Degreaser juga dapat disemprotkan dulu pada sikat. Pada tahap ini akan lebih mudah bagi kita untuk membersihkan mesin yang memiliki permukaan lebar atau besar lebih dulu. Setelahnya dilanjut ke bagian-bagian yang kecil hingga ke sela-sela mesin.

6. Semprotkan blok mesin dengan air bersih menggunakan air hose

Setelah menggunakan degreaser, bilas mesin dengan air bersih menggunakan air nose yang semburannya bisa diatur. Hati-hati jangan sampai merendam komponen listrik seperti alternator, gulungan atau kotak sekering.

7. Keringkan semua bagian yang telah dibersihkan menggunakan lap bersih

Setelah selesai membersihkan semua bagian mesin, ini adalah langkah terakhir cara membersihkan mesin mobil. Tahap ini cukup mudah dilakukan dengan menggunakan lap microfiber atau lap plas chamois.

(ndn/mik)

[Gambas:Video CNN]