TV Transparan Pertama di Dunia Dijual di Atas Rp100 Juta

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Rabu, 12/08/2020 18:19 WIB
Televisi transparan Mi TV LUX OLED pertama di dunia besutan Xiaomi dijual Rp106 juta. Ilustrasi televisi transparan Mi TV LUX OLED pertama di dunia. (Foto: CNN Indonesia/Rebeca Joy Limardjo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Xiaomi mengumumkan meluncurkan televisi transparan Mi TV LUX OLED pertama di dunia. Produk itu merupakan bagian dari perayaan ulang tahun ke-10 Xiaomi.

Mi TV LUX OLED tersebut terlebih dahulu di China pada 16 Agustus 2020. Sebagai televisi dengan teknologi unik, Mi TV LUX OLED akan dijual dengan harga US$7.200 atau Rp106 juta.

Melansir Tech Radar, Rabu (12/8) Mi TV LUX edisi transparan menampilkan panel OLED 55 inci dengan kecepatan refresh 120Hz. Selain itu, televisi itu didukung warna DCI-P3 93 persen dengan rasio kontras statis 150000: 1 dan rasio kontras dinamis tak terbatas.


Karena transparan, Mi TV LUX akan tampak mengesankan jika ditempatkan pada tempat dengan latar belakang dan pencahayaan yang sesuai. Sebab, kedua hal itu mempengaruhi pandangan pemiliknya.

Meskipun belum ada kabar tentang ketersediaan global, fakta bahwa TV dengan kemampuan transparan dapat diproduksi secara massal dinilai merupakan langkah maju yang besar bagi teknologi.

Melansir Gizmochina, panel OLED pada Mi TV LUX edisi transparan hanya setebal 5.7mm. Seperti model sebelumnya di seri LUX, Xiaomi diduga menggunakan panel dari LG Display.

Bagi mereka yang belum mengetahui, LG telah lebih awal menawarkan televisi serupa yang disebut LG Transparent OLED Signage 55EW5F-A dengan harga US$25.520 atau Rp378 juta.

Di sisi lain, Mi TV LUX edisi transparan menggunakan teknologi MEMC dan didukung oleh chipset MediaTek 9650 yang dibuat khusus dengan lebih dari 20 algoritma pengoptimalan. Sedangkan untuk perangkat lunak, televisi itu menjalankan MIUI yang baru dirilis untuk TV 3.0 .

(jps/mik)

[Gambas:Video CNN]