Fuel Pump Rusak Daihatsu Sirion di Indonesia Dijamin Garansi

CNN Indonesia | Kamis, 13/08/2020 12:36 WIB
Astra Daihatsu Motor menyatakan masalah fuel pump Sirion di Indonesia belum mencapai status recall. Daihatsu Sirion. (Dok. Astra Daihatsu Motor)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kasus recall Perodua Myvi di Malaysia karena masalah fuel pump berdampak ke Daihatsu Sirion yang dijual di Indonesia. Sirion merupakan model rebadge Myvi yang diimpor Astra Daihatsu Motor (ADM) dari Negeri Jiran untuk dijual di dalam negeri.

Fuel pump Myvi merupakan buatan Denso. Sebelumnya Denso telah menyatakan recall fuel pump pada 27 April yang melibatkan lebih dari 2 juta unit kendaraan di seluruh dunia.

Berdasarkan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), alasan recall karena ada bagian fuel pump dapat berubah bentuk dalam kondisi tertentu. Hal ini sanggup mengakibatkan gagal fungsi.


Gagal fungsi itu bisa menjurus ke gejala seperti indikator 'check engine' menyala, kerja mesin tidak mulus, mesin tak bisa dinyalakan, atau mati saat kecepatan tinggi.

Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra menyampaikan kendala fuel pump pada Sirion di Indonesia belum mencapai status recall. Menurut dia kebijakan perusahaan saat ini menjamin kerusakan komponen tersebut dalam garansi.

"Saat ini kasus fuel pump Sirion di Indonesia belum dikategorikan recall namun warranty biasa, kami akan terus monitor perkembangan di market," ujar Amelia, Rabu (12/8).

Amelia menyampaikan recall dilakukan perusahaan untuk mengantisipasi lebih dini permasalahan berdasarkan laporan masalah di masing-masing negara. Kondisi setiap negara dikatakan bisa berbeda-beda.

Paultan.org menginformasikan Perodua diduga melakukan recall Myvi secara 'diam-diam' atau tanpa mengumumkannya ke publik, namun menghubungi konsumen yang diduga terlibat satu per satu. Perodua juga tidak menjelaskan berapa banyak Myvi yang terlibat dalam recall, meski begitu disebut meliputi unit produksi 2018-2019.

fuel pumpKomponen fuel pump yang digunakan Mitsubishi di Indonesia. (Dok. Mitsubishi Indonesia)

Amelia tidak menyebutkan apakah konsumen Sirion di Indonesia yang terdeteksi terlibat potensi recall sudah dihubungi untuk mendapatkan penggantian. Namun dia mempersilakan jika konsumen merasa fuel pump bermasalah membawa mobilnya ke bengkel.

"Jika ada keluhan customer bisa ke bengkel selama masa warranty," kata Amelia.

Recall fuel pump merek Denso sebelumnya sudah menyebabkan Toyota, Honda, Mitsubishi, dan Nissan menarik setidaknya total 230 ribu unit di Indonesia. Catatan itu belum melibatkan Toyota yang tidak menyatakan jumlah unit recall.

(fea)

[Gambas:Video CNN]