Bangga dan Sedih Netizen Mengetahui Hasil SBMPTN

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Jumat, 14/08/2020 17:08 WIB
Sejumlah netizen menyampaikan kesenangan dan keluhan di media sosial Twitter setelah mengetahui hasil SBMPTN 2020 SBMPTN 2020. (Foto: Istockphoto/Soner Cdem)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) resmi diumumkan pada Jumat (14/8). Momentum itu pun tak pelak mengundang beragam reaksi pengguna media sosial Twitter.

Sejak pengumuman dilakukan, perbincangan mengenai SBMPTN sudah mencapai lebih dari 62 ribu kali hingga pukul 16.15 WIB.

Sejumlah netizen menyampaikan keluhannya tidak lulus SBMPTN 2020, salah satunya pemilik akun @nadulset_


"Emang ak ga rezeki di sbmptnCrying faceCrying face sedih si ga meringankan beban ortu but ak bangga sm diriku sudah berusahaGrinning face with smiling eyes," tulisnya

Kesedihan dialami @nadulset_ juga dirasakan pemilik akun @reynhartoan. Ia merasa sudah mencoba berusaha, namun usahanya gagal.

"Gue gagal karena gue bodoh, bukan karena IRT, bukan karena bocoran, bukan karena orang nyontek. The one needs to be blame is me and it is the reason to try even harder," ucapnya

Di balik kesedihan ternyata ada kesenangan dari para siswa-siswi yang lulus SBMPTN, di antaranya @Jumiati010

"Alhamdulillah lulus SBMPTNLoudly crying face Makasih Ya Allah," cuitnya.

Kesenangan atas kelulusan seleksi SBMPTN juga dirasakan siswi dengan nama akun @imflyinggggg.

"AKU LOLOS SBMPTN WEIILoudly crying face makasihh doa nya guys Loudly crying face semoga hal hal baik selalu bersama kita yaaa," ucap @imflyinggggg.

Dari banyak netizen yang membuat tagar SBMPTN ada juga yang berempati pada siswa-siswi yang tidak gagal tahun ini. Mereka kebanyakan melontarkan cuitan penyemangat.

Salah satu akun yang membicarakan SBMPTN adalah @andihiyat. Dia mengucapkan selamat kepada pelajar yang lolos SBMPTN. Namun, dia juga meminta pelajar yang tidak lolos untuk tidak bersedih dan berkecil hati.

"Buat yang lolos sbmptn selamat ya. Buat yang ngga lolos, jangan berkecil hati, tetap semangat, jangan terlalu bersedih, sisakan air matamu untuk kesedihan-kesedihan lainnya," kicau @andihiyat.

Sementara itu, akun @mhdarief2208 mengingatkan para pelajar tidak terlalu bersedih. Sebab, dia menyebut mereka sudah berusaha untuk diterima di PTN.

"Yang lolos SBMPTN selamat yaa. Yang ngga lolos gapapa, sedih boleh tapi jangan berlebihan, yang penting udah usaha dan ngga putus asa, semangat!!," kicau @mhdarief2208.

Adapun akun @ezash menyebut kegagalan lolos SBMPTN bukan merupakan akhir dari dunia. Dia menyebut masih banyak jalan untuk mendapat yang terbaik.

"Selamat ya buat dedek2 yg lulus SBMPTN tahun ini. Yg ga dapet, gapapa. Bukan akhir dari dunia kok. Kesempatan bagus ga cuma didapat dari lulus SBMPTN aja, masih banyak jalannya. Good luck!," kicau @ezash.

Di sisi lain, akun @inijowi tidak mempermasalahkan pelajar yang tidak lolos SBMPTN untuk menangis. Akan tetapi, dia mengingatkan kepada para pelajar yang gagal tidak menyerah.

"yang blom lolos sbmptn, TETEP SEMANGAT YA! kamu boleh teriak, kamu boleh nangis, tapi kamu GABOLEH menyerah! ngga lolos sbmptn itu bukan akhir dari segalanya kok.. apapun yang terjadi, ingat kalo Tuhan pasti punya rencana yg terbaik bagi umat nya," kicau @inijowi.

Adapun akun @lllllllloveyu menyampaikan kepada pelajar yang tidak lolos SBMPTN untuk tetap tenang. Sebab, dia menyebut masih ada universitas swasta yang bisa dipilih untuk melanjutkan pendidikan.

"Buat kalian yg galolos sbmptn, tenang masih ada univ swasta kok," kicau @lllllllloveyu.

(mik/mik)

[Gambas:Video CNN]