Dukung Layanan Suara Kala Pandemi Covid-19, XL Buat VoLTE

CNN Indonesia | Rabu, 19/08/2020 05:00 WIB
XL Axiata siap meluncurkan layanan Voice over LTE (VoLTE) atau panggilan suara berbasis 4G di kala pandemi virus corona. Ilustrasi XL Axiata. (dok. XL Axiata)
Jakarta, CNN Indonesia --

XL Axiata siap meluncurkan layanan Voice over LTE (VoLTE) atau panggilan suara berbasis 4G pada semester kedua 2020 di kala pandemi virus corona Covid-19.

Layanan ini menggunakan jaringan yang sama dengan jaringan internet 4G sehingga menghindari jaringan internet terputus saat panggilan telepon akibat jaringan beralih dari 4G ke 3G atau H+.

Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan saat ini layanan akan tersedia di wilayah Jakarta dan Medan. Selanjutnya, XL Axiata akan terus memperluas layanan ke area lainnya seiring dengan penyiapan jaringan infrastruktur.


"Secara bertahap, hingga akhir tahun 2020 ini layanan VoLTE XL Axiata akan ada di tiga belas kota yang kemudian akan terus kami perluas. XL Axiata telah memastikan jaringan yang dimiliki telah memenuhi kriteria kualitas yang ditetapkan untuk menggelar layanan VoLTE, baik dari sisi radio, transport, dan juga core," kata Gede saat webinar, Selasa (18/8).

Gede menambahkan, layanan VoLTE sangat berguna apabila pengguna mendapatkan panggilan telepon saat pengguna sedang mengikuti sebuah rapat kerja akibat penerapan work from home (WFH). Jaringan 4G tidak akan terputus meski pengguna sedang mengangkat telepon itu.

Untuk kesiapan jaringan mendukung layanan VoLTE ini, XL Axiata bekerja sama dengan Ericsson dan Huawei sebagai mitra teknologi untuk jaringan radio dan core.

"Pada tahap awal ini layanan VoLTE didukung oleh lebih dari 3.000 BTS 4G XL Axiata yang tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Medan. Saat ini XL Axiata sedang menyiapkan BTS-BTS di kota-kota lainnya untuk mendukung layanan VoLTE di tahap selanjutnya," ujar Gede.

Agar pelanggan dapat menikmati kualitas layanan suara yang prima, XL Axiata perlu melakukan optimasi jaringan secara menyeluruh sehingga benar benar siap untuk layanan VoLTE.

Gede menjelaskan layanan VoLTE akan buruk apabila tak didukung dengan kapasitas dan kualitas jaringan yang mumpuni. Sebab VoLTE memerlukan kualitas jaringan yang lebih baik daripada layanan LTE biasa.

Ia mengatakan penurunan kualitas jaringan akan terasa saat melakukan panggilan VoLTE. Apabila VoLTE ini tak didukung dengan infrastruktur jaringan, panggilan VoLTE bisa saja terputus.

"Ke depan seluruh BTS 4G/LTE dipersiapkan untuk mendukung layanan VoLTE," kata Gede.

Gede juga membeberkan fakta bahwa layanan panggilan suara (voice) ini ternyata cenderung mendatar dan sempat naik di kala pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, pada 2020 XL berencana untuk menambahkan 2.700 situs untuk mendukung VoLTE dan jaringan 4G.  Sebanyak 50 persen situs ada di luar pulau Jawa.

Tak hanya itu, XL juga meningkatkan kapasitas 20 ribu situs, baik itu menambah LTE maupun bandwidth. Sehingga saat ini kapasitas jaringan XL mampu menopang lonjakan trafik sebesar 30 hingga 40 persen.

"Saat ini kita sudah menyelesaikan sekitar 30 persen dari 2.700. 70 persen sisanya akan diselesaikan dalam enam bulan terakhir 2020," tutur Gede.

(jnp/DAL)

[Gambas:Video CNN]