KONSULTASI OTOMOTIF

Masalah Bunyi Keras Saat Starter Mobil

CNN Indonesia | Minggu, 23/08/2020 14:06 WIB
Salah satu penyebab bunyi keras saat proses menyalakan mesin berasal dari kondisi gerigi di flywheel. Tombol start-stop mesin mobil. (Istockphoto/kevinjeon00)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertanyaan: Mengapa ketika menyalakan mesin mobil, saat di-starter kadang ada bunyi keras dan kasar serta tidak berhasil menyalakan, tapi dicoba lagi lalu bisa?

Penanya: @purnomo

Coba cek kondisi gerigi yang ada di flywheel, biasanya ada bagian dari gerigi yang sudah terkikis. Pemeriksaan bagian ini bisa dilakukan dengan menurunkan gearbox-nya.


Gerigi di flywheel bisa terkikis apabila ada kerusakan di dinamo starter dimana tonjokan dinamo starter lambat kembali atau bisa juga karena sering terlalu lama menahan kunci kontak saat menyalakan mesin.

Gerigi ini acap kali hanya terkikis sebagian dan tidak perlu diganti namun cukup dengan memutar posisi gerigi agar bagian yang masih utuh yang akan bersinggungan dengan dinamo starter. Pengerjaan hal ini sebaiknya dilakukan oleh bengkel yg berpengalaman.

Provis - Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK