Harga Sepeda Road Bike yang Boleh Masuk Tol, Hingga Rp73 Juta

CNN Indonesia | Rabu, 26/08/2020 17:43 WIB
Pemerintah DKI Jakarta berencana membuka jalur khusus yang diperuntukan bagi sepeda jenis Road Bike di jalan tol dalam kota. Ilustrasi sepeda model Road Bike. (AP/Luca Bruno)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kegiatan bersepeda masyarakat terus didukung pemerintah terlebih selama wabah corona (Covid-19) di Indonesia belum usai. Terbaru pemerintah DKI Jakarta berencana membuka jalur khusus yang diperuntukan bagi sepeda di jalan tol dalam kota.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan ketentuan tersebut dikhususkan bagi pengendara sepeda berjenis road bike.

Pemerintah melihat spesifikasi jalan tol dianggap memenuhi kriteria pengendara road bike yang selalu mengutamakan kecepatan.


"Mereka saat bersepeda itu kecepatannya tinggi kemudian mereka berkelompok dan tentu jika ini difasilitasi bersamaan dengan warga lainnya itu akan tetap berpengaruh pada aspek keselamatan pengguna pesepeda lainnya," kata Syafrin.

"Untuk itu perlu pemikiran agar disiapkan satu ruang yang kemudian bisa mereka gunakan untuk melakukan kegiatan dengan road bike ini. Ia hanya khusus untuk pesepeda yang road bike. (Sepeda santai) enggak boleh, hanya road bike," lanjutnya.

Road bike bisa dikategorikan sebagai sepeda balap. Profil sepeda ini memiliki ban tipis dan halus untuk mengurangi gesekan terhadap aspal, serta setang yang rendah. Setang dibuat seperti itu agar pengendara bisa lebih mudah membungkuk untuk mengejar aerodinamis.

Di Indonesia, sepeda jenis ini terdiri dari beragam tipe yang mendasar pada kebutuhan, seperti kompetisi dan sepeda petualang atau touring. Berikut pilihan road bike yang harganya tembus hingga Rp70 jutaan.

Polygon Helios LT9X yang dikutip dari situs resminya dijual Rp73 juta, Helios LT9X Etap Rp70,6 juta, Helios LT9 Rp62 juta, Helios LT8 Disc Rp37 juta, hingga Helios LT8 Rp31,5 juta.

Kemudian pada merek United, pilihan road bike yakni Sterling R2 Disc Rp30 juta, Sterling R1 Disc Rp24 juta, Stygma Rp15,8 juta, Stygma Lite Rp12,2 juta, hingga Vitessa 2.00 Rp9,5 juta.

Sedangkan merek Pacific, pilihan road bikenya Primum Pro Rp28,8 juta, Whizz Rp20,5 juta, Factor 3.0 Rp6,5 juta, Primum 9.0 700C Rp23 juta, dan Primum 7.0 700C Rp18 juta.

Merek lainnya yakni Champ Spencer 2.0 Carbon Rp19 juta, Marin Cortina Ax1 Rp16,48 juta, Champ Impala Rp13,5 juta, serta Thrill Enthral 2.0 Rp7,05 juta.

(ryh/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK