KONSULTASI OTOMOTIF

Masalah AC Mobil Bunyi Berdecit Saat Dinyalakan

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Minggu, 30/08/2020 17:46 WIB
Bunyi berdecit yang tiba-tiba muncul saat AC mobil dinyalakan bisa dipastikan ada bagian yang tidak bekerja optimal. AC mobil perlu perawatan rutin agar perjalanan tidak terganggu. (Foto: CNN Indonesia/ M. Ikhsan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertanyaan: Penyebab AC mobil mengeluarkan bunyi berdecit saat pertama kali dinyalakan?

Penanya: @ashaahrz

Air Conditioner (AC) adalah salah satu fitur penting pada mobil. Jika tidak ingin momen perjalanan terganggu, AC mobil juga perlu perawatan rutin.


AC mobil yang mengeluarkan suara berdecit saat dinyalakan tentu ada bagian AC mobil yang tidak normal.

Bunyi berdecit yang tiba-tiba muncul saat AC mobil dinyalakan penyebab umum adalah V-Belt AC yang kemungkinan kendur atau aus karena usia pakai. Cek bagian tersebut dan pastikan juga tensionernya dalam kondisi baik.

Suara berdecit bisa disebabkan dari pulley kompresor AC. Periksa juga jeroan kompresor AC untuk memastikan semua dalam kondisi baik.

Pastikan kompresor AC tidak mengalami kebocoran. Bagian ini bisa saja rusak apabila ada kebocoran freon, namun pemiliknya tidak mengecek lebih lanjut atau kemudian hanya ditambahkan freon tanpa menambah oli kompresor atau mengganti oli kompresor dengan oli yang baru.

Untuk diingat bagi pemilik mobil yang mulai merasakan AC mobil tidak mampu menyejukkan udara dalam kabin sebaiknya mobil perlu dibawa ke bengkel untuk dilakukan pengecekan menyeluruh. Jangan anggap sepele freon yang bocor, sebab ada oli kompresor yang berkurang.

Provis - Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.

(mik/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK