KONSULTASI OTOMOTIF

Penyebab Oli Mesin Campur Air Radiator

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Minggu, 06/09/2020 13:34 WIB
Mengetahui penyebab pelumas mesin bercampur air bisa ditebak bila mesin mengalami overheat atau mesin kepanasan. Ilustrasi mesin overheat. (Foto: istock/geckophotos)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertanyaan: Kenapa oli mesin bercampur air sehingga terlihat warna susu cokelat?

@rizka

Jawaban: Kejadian ini sering dialami ketika mesin overheat atau mesin kepanasan.


Overheat yang berlebihan dapat membuat cylinder head (atau bahkan blok mesin) menjadi melengkung atau melenting.

Cylinder head yang melenting ini membuat adanya celah rongga dan bisa membuat air radiator kemudian "menyeberang" ke jalur oli atau sebaliknya oli menyeberang ke jalur air radiator.

Untuk mencegah hal ini terjadi, apabila terjadi mesin overheat, segera matikan mesin dan panggil mekanik atau derek kendaraan ke bengkel terpercaya yang biasa menangani kerusakan. Dalam kondisi mesin masih panas jangan menambah air radiator.

Adalah kebiasaan yang baik untuk secara reguler memeriksa level air radiator dan level oli mesin secara berkala, dan apabila terjadi penurunan level air radiator atau level oli mesin secara berlebihan, sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan.

Provis - Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.

(mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK