Hari Ini, Kota Sabang Alami Hari Tanpa Bayangan

Jonathan Patrick, CNN Indonesia | Senin, 07/09/2020 11:17 WIB
Hari Tanpa Bayangan akan 'menghantui' Kota Sabang siang hari ini sekitar pukul 12.36 WIB. Kota Sabang di Provinsi Aceh akan mengalami Hari Tanpa Bayangan hari ini, pukul 12.36 WIB. (Foto: ANTARA FOTO/SEPTIANDA PERDANA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengatakan kulminasi Matahari atau Hari Tanpa Bayangan akan terjadi sepanjang September hingga Oktober 2020.

Hari ini (7/9), Kota Sabang di Provinsi Aceh akan mengalami Hari Tanpa Bayangan sekitar pukul 12.36 WIB. Besok (8/9) Kota Banda Aceh juga akan mengalami Hari Tanpa Bayangan pada pukul 12.37 WIB.

Kota Miangas di Sulawesi Utara juga akan mengalami Hari Tanpa Bayangan pada 8 September, pukul 11.31 WITA.


"Ketika Matahari berada di atas Indonesia, tidak ada bayangan yang terbentuk oleh benda tegak tidak berongga ketika tengah hari, sehingga fenomena ini dapat disebut sebagai Hari Tanpa Bayangan," kutip Lapan dalam keterangan resmi.

LAPAN menjelaskan Indonesia terbentang dari 6 derajat Lintang Utara hingga 11 derajat Lintang Selatan dan membelah garis khatulistiwa. Akibatnya, Matahari akan berada di atas Indonesia ketika tengah hari pada bulan September-Oktober.

[Gambas:Instagram]

LAPAN juga menjelaskan hari tanpa bayangan terjadi dua kali dalam satu tahun untuk wilayah yang terletak di antara Garis Balik Utara (Tropic of Cancer; 23,4 derajat Lintang Utara) dan Garis Balik Selatan (Tropic of Capricorn; 23,4 derajat Lintang Selatan).

Untuk kota-kota yang yang terletak tepat di Garis Balik Utara dan Garis Balik Selatan akan mengalami hari tanpa bayangan hanya sekali setahun. Yaitu saat Solstis Juni (21/22 Juni) atau Solstis Desember (21/22 Desember).

(jnp/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK