Apple Umumkan Peluncuran iPhone 12 Pekan Ini

CNN Indonesia | Selasa, 08/09/2020 05:20 WIB
Saat umumkan waktu peluncuran iPhone 12, Apple juga akan meluncurkan Apple Watch baru dan pembaruan untuk iOS 14 dan watchOS 7. Ilustrasi iphone 12. (Justin Sullivan/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Apple diprediksi akan mengumumkan tanggal peluncuran iPhone 12 paling cepat pada minggu ini. Pada acara tersebut, Apple juga diprediksi akan meluncurkan Apple Watch baru dan rincian pembaruan untuk iOS 14 dan watchOS 7.

Hal ini diungkap oleh Mark Gurman dari Bloomberg di Twitter. Pernyataan ini menyusul cuitan dari seorang tipster gawai, Jon Prosser yang mengatakan telah memiliki siaran pers peluncuran iPhone 12 pada 8 September ini. 


Tweet Gurman membantah anggapan bahwa iPhone akan meluncur hari ini. Sebaliknya, Gurman menduga acara minggu ini adalah pengumuman tanggal peluncuran online iPhone 12 dan Apple Watch. 

Secara umum, Apple mengumumkan dan mengirimkan undangan untuk acara iPhone kira-kira dua minggu sebelum acara tersebut ditetapkan. Jika Apple mengumumkan tanggal peluncuran iPhone 12 pada 8 September. Itu berarti acara peluncuran bisa diadakan sekitar 22 September.

Hal yang pasti adalah peluncuran iPhone 12 hampir pasti akan sepenuhnya virtual akibat pandemi Covid-19. Ini berarti Apple tidak harus memberikan waktu tunggu sebanyak biasanya untuk meluncurkan produk karena wartawan  tidak perlu melakukan perjalanan ke Cupertino.

Dilansir dari 9toMac, meski acara iPhone 12 digelar di bulan September, iPhone 12 sendiri baru akan rilis paling cepat Oktober. Bersamaan dengan iPhone 12, Apple diperkirakan akan mengumumkan perangkat keras Apple Watch baru. 

Dilansir dari The Indian Express, rumor lain yang beredar menduga Apple juga akan meluncurkan iPad baru, Apple TV baru, HomePod yang lebih kecil, AirTags, dan headphone.

Ponsel terbaru dari Apple itu diperkirakan bakal dijual empat varian di AS, paling murah US$649 (Rp9,6 juta, kurs US$1 = Rp14.892). Varian paling murah memiliki kapasitas penyimpanan 128 GB, sementara untuk 256 GB banderolnya US$749 (Rp11,1 juta).

Harga varian di atasnya, iPhone 12 Max, diperkirakan mulai US$749 (Rp11,1 juta) hingga US$849 (Rp12,6 juta).

Bocoran Spesifikasi

Apple Insider menjelaskan iPhone 12 dan iPhone 12 Max memiliki layar ukuran 5,4 inci dan 6,1 inci. Sementara iPhone 12 Pro dan iPhone Pro Max punya layar 6,1 inci dan 6,7 inci.

Pro dan Max kemungkinan menggunakan layar OLED dengan Super Retina XDR, ProMotion 120Hz dan kedalaman warna 10-bit. Hal ini mengindikasikan varian Pro dan Max punya rentang warna lebih luas daripada nonPro dan Max.

Prosesor iPhone 12 diyakini memakai cip baru yang diberi nama A14. Cip ini diduga diproduksi Taiwan Semiconductor Manufacturing Company. Kamera iPhone 12 dirasa bakal sama dengan iPhone 11. Varian basik punya dua kamera, sedangkan Pro tiga kamera.

Semua kamera berukuran 12 megapiksel dan punya kemampuan merekam 4K dalam kecepatan bingkai 120fps dan 240fps.

(jnp/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK