4 Merek Otomotif Jepang Mulai Uji Tukar Baterai Motor Listrik

fea, CNN Indonesia | Selasa, 08/09/2020 09:15 WIB
Uji coba tukar baterai motor listrik dilakukan bersama Osaka University di Jepang. Honda PCX Electric. (Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki menahan ego persaingan beberapa saat untuk bekerja sama mengembangkan spesifikasi standar buat baterai motor listrik. Kerja sama itu sudah mencapai tahap pengujian yang dikabarkan bakal dilakukan bulan ini.

Uji coba 'e-Yan Osaka' itu diberitakan motorcyclenews.com menggandeng Osaka University. Tujuan penelitian agar menemukan sistem skala besar swap (tukar) baterai yang kemungkinan menjadi solusi mengatasi jarak tempuh motor listrik yang pendek.

Selain itu tukar baterai juga diharapkan memangkas kekhawatiran soal pengecasan baterai dalam perjalanan yang membutuhkan waktu lama.


Kolaborasi empat merek Jepang ini sebenarnya sudah diumumkan pada April 2019, namun hingga saat ini konsorsium itu belum mencapai kata mufakat.

Salah satu potensi pemanfaatan teknologi adalah 'Honda Mobile Power Pack' yang digunakan pada PCX Electric. Noriaki Abe, Managing Executive Officer and Head of Motorcycle Business Operations Honda menjelaskan pihaknya menyadari masih ada kendala yang perlu diselesaikan terkait penyebaran motor listrik.

"Sebagai hasil kajian kolaborasi di antara empat perusahaan sepeda motor domestik, kami bisa berkolaborasi bersama e-Yan Osaka untuk memverifikasi spesifikasi bersama untuk baterai yang bisa gonta-ganti," kata Noriaki Abe, Managing Executive Officer and Head of Motorcycle Business Operations Honda.

Selama pengujian motor listrik dipinjamkan ke mahasiswa dan staf Osaka University, dengan stasiun tukar baterai disediakan di kampus dan toko lokal.

Skenarionya daripada membuat baterai menjadi berkapasitas lebih besar yang memaksa pengguna mengecas di rumah atau kantor, sistem tukar baterai dipercaya sebagai solusi nyaman dan mudah bagi pengguna agar tetap bisa melanjutkan perjalanan.

Pengujian ini disebut bakal berlangsung setahun, lantas kendala-kendala yang didapat dijadikan bahan menyempurnakan spesifikasi sebelum sistem tukar baterai bisa dijalankan.

(fea)

[Gambas:Video CNN]