PSBB Jakarta Ancam Dealer Tutup, Dianjurkan Beli Mobil Online

CNN Indonesia | Jumat, 11/09/2020 17:38 WIB
Auto2000, dealer terbesar Toyota di dalam negeri, menjelaskan pembelian online memudahkan konsumen saat pandemi dan PSBB Jakarta. Ilustrasi dealer mobil Auto2000. (Courtesy of auto2000.co.id)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dealer utama Toyota, Auto2000, mengarahkan konsumen yang hendak beli mobil tidak mengunjungi dealer melainkan menggunakan sistem online. Cara online diklaim memudahkan saat pandemi Covid-19 dan juga ketika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total diberlakukan di Jakarta.

"Nah kalau showroom atau layanan penjualan, agar pelanggan aman dan nyaman, kami arahkan menggunakan Auto2000 digiroom, website dan aplikasi. Karena kami sudah siap menerima transaksi pelanggan di channel tersebut," kata CSD & Marcomm Departement Head Auto2000 Cahaya Fitri Tantriani melalui pesan singkat, pada Jumat (11/9).

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta rencananya akan memberlakukan PSBB total mulai 14 September. Gubernur Anies Baswedan mengatakan PSBB kali ini bakal mirip dengan periode saat ditetapkan pada masa awal pandemi, yakni April, yang membatasi sebagian besar aktivitas masyarakat termasuk menutup dealer.


Auto2000 yang memiliki 33 dealer di Jakarta percaya penjualan melalui online memudahkan pelanggan memperoleh layanan.

"Sehingga pelanggan lebih mudah, di rumah saja. Mudah dan aman," katanya.

Dealer bukan hanya soal penjualan tetapi juga bengkel untuk perawatan kendaraan konsumen. Auto2000 saat ini tetap membuka bengkel namun dengan aktivitas layanan terbatas untuk menghindari kerumunan.

Buat mendapatkan layanan bengkel konsumen mesti melakukan pemesanan lebih dulu sebab kapasitasnya telah diatur semasa pandemi. Pemesanan juga bisa dilakukan untuk servis kendaraan di rumah konsumen guna menghindari potensi penyebaran Covid-19.

"Tapi banyak juga pelanggan yang memanfaatkan layanan servis di rumah," ucapnya.

Menurut Tantriani, bengkel tetap diperlukan meski PSBB diterapkan, sebab banyak mobil pelanggan merupakan kendaraan operasional sehari-hari atau unit yang sesuai ketentuan boleh beroperasi.

"Seperti penyedia pangan, kesehatan, industri strategis, komunikasi dan lainnya. Sehingga kendaraannya masih butuh ke bengkel untuk maintenance maupun perbaikan dan emergency," kata Tantriani.

Lebih lanjut Tantriani mengatakan pihaknya terlebih dahulu akan mempelajari teknis aturan PSBB total tahap dua untuk menyesuaikannya dengan strategi perusahaan. Diketahui PSBB total yang bakal efektif 14 September ini aturan teknisnya belum terbit.

"Jadi aturan resmi soal PSBB dari tiap Pemda akan dipelajari dulu, juga aturan dari DKI. Operasional Auto2000 akan menyesuaikan," kata Tantriani.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]