KONSULTASI OTOMOTIF

Masalah Minyak Rem Mobil Selalu Berkurang

fea, CNN Indonesia | Minggu, 13/09/2020 17:12 WIB
Minyak rem bekerja dalam ruang hampa di sistem pengereman hidraulis, jika terpantau terdapat kebocoran berarti ada masalah. Cairan rem atau sering dikenal dengan istilah minyak rem. (Istockphoto/12875116)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertanyaan: Mobil saya minyak remnya sering habis, kenapa?

@gigihadip

Cairan rem atau lebih dikenal dengan sebutan minyak rem adalah komponen berupa cairan yang digunakan pada sistem rem hidraulis kendaraan zaman sekarang. Fungsinya bergerak dalam ruang hampa hingga mendesak kampas rem agar melakukan pengereman.


Jawaban:

Apabila turunnya permukaan minyak rem hanya sedikit, ini bisa karena kampas rem yang sudah mulai tipis.

Namun apabila berkurangnya terus berlanjut, dapat dipastikan ada kebocoran. Kebocoran bisa terdapat di berbagai komponen sistem pengereman, yang sering terjadi adalah di master rem atas maupun master rem bawah.

Bisa juga terjadi di selang rem, brake valve, atau juga di sistem ABS (anti-lock braking system).

Kebocoran minyak rem di master rem atas bisa membuat minyak rem masuk ke booster dan akan ikut masuk ke ruang bakar. Untuk menjaga agar master rem awet, lakukan pengurasan minyak rem secara berkala.

Provis - Tangerang, Banten (IG Provisautolab

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.

(fea)

[Gambas:Video CNN]


BACA JUGA