Tips Otomotif

Memaksimalkan Fungsi Audio MPV Xpander

CNN Indonesia | Selasa, 15/09/2020 10:17 WIB
Masing-masing audio mobil punya kelebihan dan kekurangan, bagaimana pemilik bisa menutupi kekurangan dan memaksimalkan kelebihannya. Sistem audio Mitsubishi Xpander. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sistem audio berguna untuk meningkatkan pengalaman berkendara jadi lebih menyenangkan. Masing-masing audio mobil punya kelebihan dan kekurangan termasuk pada Mitsubishi Xpander dan pemilik harus tahu karakter sistem hiburan yang tersemat pada mobilnya.

Untuk Xpander varian Ultimate, fitur audionya lebih lengkap karena dilengkapi dengan DVD Player dan kamera mundur. Fitur lainnya adalah koneksi ke ponsel pintar melalui NFC (near field communication).

Sistem itu membuat pengemudi atau penumpangnya tidak perlu repot untuk melakukan pairing bluetooth. Cukup menempelkan ponsel yang memiliki fitur NFC ini ke layar head unit, maka ponsel secara otomatis sudah terhubung.


Selain itu ada pula fitur voice command, jadi kita bisa melakukan perintah suara ke ponsel dengan menyentuh tombol pada lingkar kemudi. Fitur ini bisa menerima panggilan telepon tanpa harus memegang smartphone atau hands free.

Jika ingin memutar film bisa dengan DVD. Namun format video yang didukung oleh head unit ini adalah MPEG-2 dan MPEG-4. Tapi ingat menonton video ini hanya bisa dilakukan saat mobil dalam kondisi berhenti demi faktor keselamatan.

Mitsubishi Xpander memiliki dua jenis head unit. Pertama double din layar sentuh 6,2 inci untuk varian Ultimate, sedangkan yang kedua adalah double din tanpa layar sentuh untuk varian Sport, Exceed, dan GLS.

Kendati begitu seluruh head unit pada semua varian sudah dilengkapi dengan MP3/CD Player, USB Connector, Radio, dan Aux-In.

Untuk speaker pada tipe Sport dan Ultimate, Mitsubishi sudah melengkapi sebanyak enam buah. Empat buah di sisi pintu depan dan belakang, sementara dua buah lagi berfungsi sebagai tweeter yang terletak di pilar A.

Fungsi tweeter ini memberikan kesan seolah-olah suara vokal penyanyi datang dari arah depan, jika tidak ada maka suara akan terdengar datang dari bawah.

Di sisi lain, tipe Exceed dan GLS dilengkapi dengan empat buah speaker di masing-masing pintu tanpa ada tweeter. Tapi kualitas suara yang dihasilkan pun tergolong tidak kalah baik dengan dua varian yang lebih tinggi.

Kemudian agar suara yang dihasilkan sesuai selera, coba masuk ke menu equalizer. Pada varian Ultimate dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama adalah preset equalizer yang dapat anda sesuaikan langsung dengan jenis musik yang sedang diputar, antara lain Jazz, Pop, RnB, HipHop, Rock, Electronic, Dance, dan lainnya.

Kedua, dapat diatur sendiri equalizer ini sesuai dengan selera. Caranya cukup tinggal pilih pengaturan pada layar Home kemudian masuk ke Pengaturan Suara dan pilih ke EQ. Dari sini kita bisa melakukan kustomisasi pengaturan equalizer sesuai selera.

Sedangkan head unit pada varian Sport, Exceed, dan GLS, head unit double din ini juga memiliki pengaturan equalizer. Kita bisa mengatur bass, treble, fader, dan balance sesuai dengan selera masing-masing mengutip situs resmi Mitsubishi.

(ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]