Fitur ColorOS 11 Oppo di Indonesia

CNN Indonesia | Selasa, 15/09/2020 18:38 WIB
Indonesia merupakan satu negara pertama yang dapat menikmati ColorOS 11 terbaru. Ilustrasi ColorOS11.(OPPO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Oppo telah meluncurkan ColorOS 11 versi beta publik yang berbasis Android 11 pada 14 September. ColorOS menjadi salah satu OEM pertama yang beroperasi dengan sistem Android 11. Indonesia merupakan satu negara pertama yang dapat menikmati ColorOS 11 terbaru.

CNNIndonesia.com akan merangkum beberapa fitur ColorOS yang akan berjalan di atas OS Android 11. 

1. Kebebasan mendesain tema hingga Always-On Display

ColorOS melakukan penyesuaian antarmuka pengguna (UI) yang memungkinkan pengguna lebih bebas mendesain Always-On Display di ponsel AMOLED,tema, wallpaper, font, ikon, nada dering, dan banyak lagi.


2. Tiga Varian Dark Mode

Dengan Color OS 11, pengguna memiliki pilihan tiga skema warna dan tingkat kontras mode gelap (Dark Mode). Pengguna bisa memilih mode gelap yang nyaman dan sesuai dengan selera pengguna.

3. Mode santai

Fitur Oppo Relax 2.0 membuat pengguna bisa menggabungkan suara-suara  yang menenangkan seperti suara burung hingga hujan. Pengguna juga diberikan suara-suara menenangkan hati dari beberapa kota di seluruh dunia.

4. Tambahan fitur gestur tangan 

Oppo juga ikut menciptakan fitur dengan Google. Fitur bernama Terjemahan Tiga Jari (Three-Finger Translate) ini didukung oleh Google Lens dan memungkinkan pengguna untuk menangkap dan menerjemahkan teks melalui tangkapan layar sederhana yang diambil dengan gerakan tiga jari.

5. FlexDrop permudah multitasking 

FlexDrop menjadi fitur yang bertugas untuk mempermudah multitasking. Fitur ini membuat pengguna dapat mengubah ukuran aplikasi apa pun menjadi jendela mengambang kecil atau jendela mini.

Saat pengguna menonton video, bermain game, atau melakukan tugas lain dengan mode layar penuh, pengguna  tetap dapat memilih untuk melacak aktivitas di aplikasi lain.

6. Mode Hemat Baterai Baru

Fitur Super Power Saving Mode bisa aktif saat baterai sudah mau habis. Fitur ini juga memberi opsi bagi pengguna untuk memilih hingga enam aplikasi yang masih dapat dijalankan. 

Fitur Battery Guard juga membuat pengguna bisa merawat baterai yang bisa rusak apabila diisi semalaman. Fitur ini akan menjeda pengisian daya setelah mencapai 80 persen, secara otomatis OS akan melanjutkan pengisian baterai hingga penuh saat pengguna bangun tidur.

7. UI First 2.0 Anti Lemot

Oppo mengklaim telah memperkenalkan UI First 2.0 dengan ColorOS 11 yang dapat mengklaim dapat meningkatkan kinerja RAM sebesar 45 persen, meningkatkan tingkat respons sebesar 32 persen, dan frame rate sebesar 17 persen . 

Dilansir dari XDA Developer, Fitur AI App Preloading juga akan mempelajari perilaku pengguna untuk melakukan preload aplikasi yang paling sering digunakan dan mengurangi waktu loading. 

SuperTouch, di sisi lain, mengklaim mengidentifikasi skenario pengguna dan mengoptimalkan kecepatan respons sentuhan dan meningkatkan kelancaran sistem.

8. Fitur Keamanan Private System

ColorOS 11 juga berfokus pada keamanan dan privasi pengguna dengan memanfaatkan perubahan yang telah dilakukan Google di Android 11. Fitur baru bernama Private System membuat sistem terpisah tempat Anda dapat menjalankan aplikasi versi kedua dan menyimpan data lain dari aplikasi original

Dilansir dari Android Authority, fitur itu hanya dapat diakses melalui pemindaian sidik jari atau kata sandi terpisah. Pengguna dapat menggunakan fitur untuk menyimpan konten yang tidak ingin Anda tumpahkan ke profil reguler pengguna.

Selanjutnya, App Lock sekarang mendapatkan pintasan baru yang memungkinkan pengguna mengunci aplikasi melalui kata sandi, sidik jari, atau verifikasi wajah.

Sistem permission juga mendapatkan perubahan dengan izin sementara yang mengatur ulang kamera, mikrofon, dan akses lokasi saat aplikasi ditutup yang sejalan dengan perubahan di Android 11.



(jnp/DAL)

[Gambas:Video CNN]