Edukasi & Fitur

Alasan Lampu Kabin Mobil Harus Mati Kala Berkendara Malam

CNN Indonesia | Rabu, 16/09/2020 21:05 WIB
Lampu kabin tidak dianjurkan menyala saat mobil melaju pada malam hari. Salah satunya karena alasan keselamatan. Ilustrasi lampu di mobil. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lampu kabin tidak dianjurkan menyala saat mobil melaju pada malam hari. Ada alasan khusus mengenai hal tersebut, salah satunya soal keselamatan.

Mengganggu Penglihatan

Menghidupkan lampu kabin mengganggu penglihatan pengemudi dan membuatnya silau karena intensitas cahaya yang masuk ke pupil mata tidak sesuai dengan kebutuhan.

Jika lampu kabin menyala, pupil otomatis akan mengecil sehingga menyebabkan jumlah cahaya yang masuk ke mata menjadi lebih sedikit. Pada saat bersamaan, kondisi di luar kabin cukup gelap. Keadaan ini akan mengganggu kemampuan penglihatan.


Sebab itu lebih baik matikan lampu kabin ketika berkendara di malam hari agar intensitas cahaya yang masuk ke mata sesuai kebutuhan.

Aki Boros

Lampu kabin nyala saat berkendara juga membuat aki mobil boros, karena daya listrik dari aki akan terkuras oleh lampu yang menyala dalam waktu lama. Ini juga berpotensi menurunkan performa mobil akibat tidak mendapatkan daya listrik yang cukup dari aki.

Mengundang Bahaya

Mengutip Seva, menyalakan lampu pada malam hari membuat kita lebih mudah terlihat dari luar. Padahal menjaga privasi kabin merupakan hal wajib bagi pengendara karena menyangkut dengan keamanan di jalan.

Apabila lampu kabin mobil menyala sepanjang perjalanan, bukan tidak mungkin penjahat dapat melihat ke dalam mobil serta mengetahui isinya. Mereka akan lebih mudah melakukan aksinya karena sudah mengetahui kondisi di kabin.

Untuk itu, jangan lupa mematikan lampu kabin mobil sebelum berkendara untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Mengganggu Pengendara Lain

Lampu kabin yang menyala juga akan mengganggu pengendara lain. Dikhawatirkan, perhatian mereka teralihkan oleh suasana kabin, sehingga pandangannya beralih kepada bagian mobil yang terang.

Bukan tidak mungkin hal tersebut bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya kecelakaan.

(ryh/DAL)

[Gambas:Video CNN]