EDUKASI & FITUR

Penyebab Mesin Mobil Bergetar Kasar Saat Starter

CNN Indonesia | Senin, 21/09/2020 22:00 WIB
Setidaknya ada lima penyebab mesin mobil bergetar kasar ketika starter, tidak semua berkaitan dengan komponen pembakaran. Mesin Mitsubishi Eclipse Cross. (CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mesin mobil bergetar kasar sesaat setelah dinyalakan mungkin hal lumrah karena itu menandakan komponen internal mulai bekerja. Namun bila getaran kasar itu terasa terus-terusan setelah mobil digunakan, patut dicurigai ada masalah pada area tersebut.

Pada kasus ini getaran kasar bisa disebabkan berbagai hal. Setidaknya terdapat lima kemungkinan yang menjadi penyebab getaran kasar tak cepat hilang.

Setelan Mesin

Penyebab pertama mobil bergetar kasar saat start yakni setelan mesin kurang tepat. Setelan kurang tepat dapat ditandai dengan melihat indikator putaran mesin (rpm), jika pergerakan jarum tidak stabil bisa jadi ada yang tidak pas.


Setelah kurang tepat mengakibatkan putaran mesin tidak stabil. Penyebabnya antara lain komponen sudah rusak atau ada kesalahan saat tune up. Cara mengatasinya, segera lakukan pemeriksaan mesin mobil di bengkel terpercaya.

Gangguan Injector

Mobil bergetar kasar saat start awal juga bisa disebabkan gangguan pada komponen injector yang bertugas menyemprot bahan bakar ke ruang pembakaran. Dalam kondisi normal, injector akan menyemburkan bahan bakar hingga mencapai ruang intake manifold.

Namun, ada kalanya komponen ini kotor dan tersumbat sehingga semburan tidak normal. Tanpa suplai bahan bakar yang tepat mesin akan mengalami pembakaran tidak sempurna, kita bisa merasakannya seperti mesin bergetar kasar.

Komponen injector sulit direparasi sendiri, maka itu disarankan dibawa servis ke bengkel yang tepat.

Busi Aus

Selain injector, busi rusak juga termasuk komponen pembakaran yang dapat menyebabkan mobil bergetar kasar saat dinyalakan.

Busi bertindak sebagai pemantik api dalam proses pembakaran yang bekerja bersinergi dengan injector. Jika busi aus, maka percikan api yang dihasilkan tidak normal sehingga proses pembakaran tidak sempurna.

Saat salah satu busi tidak berfungsi normal, mesin mobil bisa terasa bergetar aneh saat digunakan atau istilahnya 'mesin pincang'. Mengganti busi dengan yang baru biasanya menyelesaikan masalah ini.

Masalah Piston

Mesin bergetar kasar juga bisa disebabkan kerusakan piston. Kerusakan komponen ini tergantung usia mobil, cara berkendara pengemudi, atau modifikasi.

Saat kinerja piston buruk, gerak mekanis komponen ini bisa menjadi goyang atau tidak lurus sehingga tak presisi. Selain bikin bergetar, kondisi seperti ini juga membuat tenaga mesin terasa lemah.

Masalah Engine Mounting

Getaran kasar pada mesin bukan hanya dipengaruhi komponen terkait pembakaran. Masalah pada engine mounting atau lokasi pengikat mesin pada sasis juga bisa jadi penyebabnya.

Selain mengikat, engine mounting juga bertugas sebagai peredam getaran mesin agar tidak terasa hingga kabin. Secara umum masalah engine mounting bisa terkait baut pengencang yang kendur atau bantalan peredam pecah, mengutip situs Auto2000.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]


BACA JUGA