Tips Teknologi

Tips Mengurangi Suara Bising dari Kipas Laptop

CNN Indonesia | Senin, 21/09/2020 20:05 WIB
Mengatasi suara kipas laptop yang bising dan bekerja lebih cepat daripada biasanya bisa dengan mudah dilakukan tanpa harus membongkar. Ilustrasi laptop. (Startup Stock Photos)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah pemilik laptop mungkin sering dikejutkan dengan suara kipas laptop yang bising dan bekerja lebih cepat daripada biasanya. Situasi itu pun membuat pengguna menjadi tidak nyaman.

Namun, hal itu ternyata bisa diatasi dengan berbagai cara. Berikut langkah untuk mengurangi kebisingan dan menurunkan kecepatan kerja kipas laptop.

1. Periksa suhu

Melansir Lifehack, Anda dapat mengunduh sebuah program yang dapat memonitor tingkat panas laptop, misalnya RealTemp. Aplikasi itu dapat melacak suhu prosesor pada laptop tanpa perlu membongkarnya.


Selain itu Anda juga bisa memeriksa perangkat keras dan kinerja sistem laptop dengan membuka 'task manager'. Cara untuk membuka fitur itu adalah dengan menekan CTRL + ALT + DEL.

Setelah terbuka, Anda bisa membuka 'performa tab' untuk melihat sumber daya (prosesor, ram, penyimpanan) yang digunakan laptop. Jika sudah mencapai 100 persen maka Anda memerlukan perawatan dan peningkatan perangkat keras atau perangkat lunak.

2. Defrag

Anda dapat mendefrag laptop untuk menurunkan kecepatan kerja kipas laptop. Defragging semacam 'pembersihan' digital dari seluruh sistem yang ada di laptop.

Mendefrag sistem sebulan sekali atau lebih, jika tidak disetel ke otomatis dapat menghilangkan beban pada kerja laptop dan memberikan sebuah penyegaran bagi HDD atau RAM.

3. Bongkar

Debu adalah salah satu penyebab dari bising dan meningkatnya kerja kipas laptop. Sehingga, Anda harus membuka sejumlah bagian pada laptop untuk membersihkan kipas secara langsung.

Setiap laptop memiliki cara dan penempatan kipas yang berbeda-beda. Sehingga disarankan untuk mencari tahu bagaimana cara membuka bagian laptop lewat internet. Proses pembersihan juga bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari menembakkan angin atau menggunakan kuas

4. Oleskan pasta thermal

Bagi mereka yang tidak tahu, pasta termal sangat penting untuk menjaga dan mendinginkan CPU. Pasta termal "Platinum" seperti Artic Silver 5 dapat menjaga prosesor CPU Anda tetap dingin 0 hingga 20 derajat.

0 hingga 20 derajat dapat membuat perbedaan, terutama saat laptop digunakan untuk bermain game, merender grafik, menggunakan perangkat lunak seperti Photoshop dan AutoCAD. Tanpa pasta termal, CPU akan menjadi terlalu panas.

Ketika terlalu panas, suara kipas akan menjadi lebih keras, kinerja laptop akan melambat, serta membuat laptop mulai macet dan hang.

5. Gunakan SSD

Solid State Drive (SSD) dinilai lebih baik dari Hard Disk Drive (HDD). SSD diklaim akan membuat perbedaan besar dalam kecepatan dan kebisingan kipas.

6. Tingkatkan OS

Menginstall Windows 10 yang baru daripada peningkatan dari Win 7 atau 8 disebut akan meningkatkan kecepatan laptop. Perubahan itu secara drastis akan meningkatkan kinerja laptop, kecepatan, dan kebisingan kipas.

Menginstal Windows 10 adalah keputusan yang sangat bijaksana. Sebab lebih cepat dari semua OS Windows, misalnya 8, 7, Vista, XP, dan 98.

7. Gunakan Perangkat Lunak Kecepatan Kipas

Melansir Windows Report, perangkat lunak dapat menjaga kecepatan kipas laptop tetap terkendali. Salah satu perangkat lunak itu adalah SpeedFan yang memungkinkan Anda untuk mengatur batas kecepatan kipas.

Driver perangkat keras yang dalam kondisi default sering membuat kipas bekerja lebih dari yang diperlukan dan itu dapat menyebabkan kebisingan tambahan.

8. Pendingin Laptop

Pendingin laptop adalah solusi untuk membuat kinerja kipas tidak berlebihan. Pendingin akan mengontrol suhu laptop, serta membuat laptop berfungsi dengan baik dan stabil untuk penggunaan sehari-hari.

(jps/DAL)

[Gambas:Video CNN]