Melaju Bersama UMKM, Gojek Fasilitasi KUR Bunga 0 Persen

Gojek, CNN Indonesia | Rabu, 23/09/2020 17:57 WIB
Gojek memfasilitasi akses pinjaman modal usaha suku bunga 0 persen dari Bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) untuk puluhan ribu mitra usaha GoFood. Gojek memfasilitasi akses pinjaman modal usaha suku bunga 0 persen dari Bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) untuk puluhan ribu mitra usaha GoFood. (Foto: Dok. Gojek)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gojek memfasilitasi akses pinjaman modal usaha suku bunga 0 persen dari Bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) untuk puluhan ribu mitra usaha GoFood.

Sebagai bagian dari program KUR Super Mikro subsidi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, inisiatif ini mengukuhkan komitmen Gojek sebagai mitra andalan pemerintah guna memulihkan ekonomi nasional di tengah masa pandemi.

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengatakan pihaknya sangat berbangga hati dapat kembali dipercaya menjadi mitra pilihan pemerintah untuk memfasilitasi kesempatan bagi para mitra usaha Gojek mengakses program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Suku Bunga 0 persen.


"Melalui solusi komprehensif dan inklusif, Gojek mendukung usaha mikro dan kecil untuk bertumbuh di ekosistem kami dan mendukung ratusan ribu UMKM ini terus #MelajuBersamaGojek," ujar Andre berdasarkan keterangan resminya, Rabu (23/9).

Andre melanjutkan, bantuan tambahan subsidi untuk para penerima KUR dan calon penerima KUR Super Mikro ini diharapkan bisa mendorong perekonomian digital dan mendukung pemulihan ekonomi nasional.

"Kami akan menjangkau mitra usaha kami melalui kanal informasi resmi mitra usaha Gojek dan berharap agar mitra UMKM dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk menjaga perputaran usaha," ujarnya.

Diketahui, selain memberikan akses kepada fasilitas permodalan Bank Himbara, Gojek juga melakukan solusi inklusif lain untuk mendukung UMKM #MelajubersamaGojek. Solusi tersebut mencakup inovasi teknologi dan non teknologi agar UMKM lebih cepat beradaptasi, bahkan tetap bertumbuh di masa pandemi.

Keberhasilan ekosistem Gojek dalam mendukung mitra usaha melakukan transformasi digital di tengah pandemi COVID-19 telah dibuktikan di hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) bertajuk "Peran Ekosistem Gojek di Ekonomi Indonesia Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19".

Hasil riset menunjukan bahwa Gojek menjadi pilihan mitra UMKM untuk bertahan dan bertumbuh selama adaptasi dimana 92 persen dari UMKM mengatakan mereka mampu beradaptasi lebih cepat dalam pandemi karena Gojek, dan hampir 50 persen mengatakan mereka tidak akan dapat bertahan jika mereka bukan bagian dari ekosistem Gojek.

Azizah Haerasari, pemilik Tanghot, Jakarta, mitra GoFood, dan salah satu debitur Pinjaman Mikro Bank Himbara bersyukur tetap dapat menjaga transaksi usaha kuliner selama masa pandemi bersama layanan pesan antar makanan GoFood.

"Saya beradaptasi dengan menggunakan fitur promosi GoFood untuk meningkatkan permintaan konsumen dan meningkatkan protokol kebersihan di kedai saya untuk menjaga kepercayaan konsumen."

(fef)

[Gambas:Video CNN]