Google 'Rayakan' Ulang Tahun Ke-22 dengan Imbauan Jaga Jarak

tim, CNN Indonesia | Minggu, 27/09/2020 11:12 WIB
Perusahaan teknologi multinasional asal Amerika, Google resmi memasuki usia ke-22 tahun hari ini, Minggu (27/9). Ulang tahun Google ke-22 (Screenshot via Google.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perusahaan teknologi multinasional asal Amerika, Google resmi memasuki usia ke-22 tahun hari ini, Minggu (27/9). Ulang tahun perusahaan ini juga ditampilkan dalam logo google doodle hari ini.

Di masa pandemi virus corona ini, Google merekomendasikan isyarat jaga jarak. Google doodle menggambarkan huruf 'G' yang mengenakan topi perayaan ulang tahun di depan laptop, yang menampilkan gambar rekan-rekannya yang turut merayakan ulang tahun google secara jarak jauh.

Google adalah perusahaan teknologi multinasional asal Amerika. Didirikan sejak 22 tahun lalu, perusahaan ini menyediakan beberapa produk teknologi seperti teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring.


Sejarah Google

Kisah Google dimulai pada tahun 1995 di Universitas Stanford oleh Larry Page dan Sergey Brin. Mengutip Google, mereka bekerja dari kamar asramanya, mereka membuat mesin pencari yang menggunakan tautan untuk menentukan pentingnya setiap halaman di World Wide Web. Mereka menyebut mesin pencari ini Backrub. Namun pada akhirnya, nama ini berubah menjadi Google.

Nama tersebut adalah permainan ekspresi matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol dan dengan tepat mencerminkan misi Larry dan Sergey "untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan berguna secara universal".

Google menarik perhatian tidak hanya dari komunitas akademis, tetapi juga investor Silicon Valley. Pada bulan Agustus 1998, salah satu pendiri Sun Andy Bechtolsheim menulis kepada Larry dan Sergey cek senilai US$ 100.000, dan lahirlah Google Inc.

Keduanya kini memegang 16 persen saham Google sejak 4 September. Google resmi menjadi perusahaan swasta di Amerika.

Google resmi berkantor ke Mountain View, California pada 2006. Sejak resmi didirikan, Google secara cepat telah menghasilkan berbagai produk maupun akuisisi terhadap beberapa produk teknologi internet.

Perusahaan ini juga secara cepat mengeluarkan produk teknologi, mulai dari surat elektronik, layanan aplikasi perkantoran dan lainnya.

Google juga menjadi pemicu kelahiran sistem operasi Android untuk telfon genggam dan google chrome OS. Google juga mulai beralih memproduksi perangkat keras komunikasi dengan produksi Nexus dan mengakuisisi Motorola Mobility pada 2012.

Soal mesin pencarian, Google diperkirakan mengoperaikan lebih dari satu juga server di beberapa negara. Pada 2012, situs pemeringkatan Alexa menyebut google.com menjadi situs web paling banyak dikunjungi. Pada 2014, Google mendapat penghargaan dari Business Indeed sebagai perusahaan yang memiliki ne4k paling bernilai.

Pada Agustus 2015, Google melalui unggahan blog Larry Page mengumumkan pembentukan perusahaan baru bernama Alphabet yang akan menjadi perusahaan induk, yang salah satunya membawahi Google.

Dalam restrukturisasi itu, Google sekaligus mengumumkan pemimpin perusahaannya. Larry Page menjadi CEO Alphabetz didampingi Ercih Schimdt. Sedangkan CEO Google baru dipimpin Sundar Pichai, lulusan S1 dari Indian Institute of Technologi Kharagpur. 

(thr/chs)

[Gambas:Video CNN]