Didesain Ulang, Wikipedia Diklaim Bakal Lebih Ramah Pengguna

CNN Indonesia | Senin, 28/09/2020 05:29 WIB
Setelh 10 tahun tak berubah, situs ensiklopedia daring Wikipedia akan diubah tampilannya secara bertahap menjadi lebih ramah pengguna. Ilustrasi Wikipedia. (Foto: LIONEL BONAVENTURE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Situs Wikipedia akan memiliki tampilan baru untuk pertama kalinya dalam 10 tahun terakhir. Pihak perusahaan menyebut perubahan tampilan ini terkait dengan penyesuaian situs dengan konten yang terus berkembang pesat.

"Desain desktop Wikipedia tidak mengalami perubahan substantif selama 10 tahun terakhir," kata Olga Vasileva, manajer proyek di Wikimedia Foundation, mengutip CNN, Minggu (27/9).

Sejak pertama kali diluncurkan pada 2001, situs ensiklopedia daring ini telah menerbitkan lebih dari 50 juta artikel dan tersedia dalam hampir 300 bahasa. Namun, situs ini bersifat open source alias terbuka untuk disunting dan diperbarui siapapun.


Olga menyebut pembaruan tampilan itu terkait dengan penyederhanaan navigasi agar lebih ramah pengguna.

"Tujuan utamanya untuk membuat, mempelajari, dan mengkurasi konten. Dan dengan pemikiran tersebut berjanji untuk menyederhanakan navigasi, yang bertujuan untuk menciptakan pengalaman yang lebih ramah bagi semua orang yang datang," kata dia.

Sejumlah perubahan yang direncanakan pada situs di antaranya adalah terkait logo, peningkatan fungsi pencarian, side bar, dan penyederhanaan pengalih bahasa.

"Ini untuk pengalaman yang terasa serupa dengan pengguna lama kami, namun langsung dan intuitif untuk orang baru," ucap Vasileva.

The Verge menyebutkan perubahan pada situs akan terjadi secara bertahap dalam jangka waktu lama. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menguji fitur-fitur baru sebelum diluncurkan secara resmi.

Wikimedia, selaku perusahaan induk, juga berencana mendesain ulang seluruh tampilan versi desktop Wikipedia pada akhir tahun 2021. Tidak disebutkan apakah versi seluler akan menerima desain ulang atau tidak.

"Sehingga produk akhir terlihat dan terasa seperti Proyek Wikimedia," tandasnya.

(ryh/arh)

[Gambas:Video CNN]