Cara Aktifkan Fitur Noise Cancellation Google Meet

CNN Indonesia | Selasa, 29/09/2020 21:02 WIB
Google Meet meluncurkan fitur baru untuk mengurangi suara bising di sekitar bagi penggunanya di Android dan iOS. Ilustrasi google meet. (iStock/Wachiwit)
Jakarta, CNN Indonesia --

Google Meet meluncurkan fitur baru untuk mengurangi suara bising di sekitar bagi penggunanya di Android dan iOS. Fitur tersebut sebelumnya sudah ada di desktop.

Fitur noise cancellation ini sebelumnya sudah dijanjikan oleh Google sejak jauh-jauh hari. Fitur serupa sesungguhnya juga telah dihadirkan oleh Zoom. Kompetitor lainnya, Microsoft Teams saat ini juga sedang menggarap fitur tersebut.

"Untuk membantu membatasi gangguan dalam panggilan video Anda, Anda dapat memfilter kebisingan latar belakang. Meet dapat menghilangkan suara latar belakang seperti mengetik, menutup pintu, atau suara lokasi konstruksi di sekitar," kata Google dalam situs resmi.


Kendati demikian, fitur ini hanya bisa digunakan bagi pengguna  G Suite Enterprise dan G Suite Enterprise for Education. Artinya fitur ini tidak akan tersedia untuk akun G Suite Basic, G Suite Business, dan G Suite for Education.

Cara aktifkan noise cancellation

Cara mengaktifkan noise cancellation cukup mudah. Bagi pengguna di desktop, klik tiga titik yang berada di bawah tampilan rapat. Kemudian masuk ke pengaturan audio, di sini pengguna dapat menyalakan atau mematikan noise cancellation.

Sementara untuk pengguna pilih tiga titik yang berada di kanan atas layar. Kemudian pilih pengaturan, selanjutnya pilih noise cancellation.

Di sisi lain, Google mengatakan fitur noise cancellation ini belum tersedia bagi pengguna di Australia, Brasil, India, Jepang, Selandia Baru, Afrika Selatan, UEA, dan sekitarnya.

Dilansir dari Pocket Lint, Google disarankan untuk menghadirkan fitur ini bagi seluruh penggunanya, bukan hanya pengguna berbayar.

(jnp/DAL)

[Gambas:Video CNN]