KIA Akui Uji Jalan Calon Mobil Baru Sonet di Indonesia

CNN Indonesia | Kamis, 01/10/2020 13:50 WIB
Foto Kia Sonet dengan bodi kamuflase beredar di media sosial, menunjukkan tanda-tanda KIA siap meluncurkan SUV baru di dalam negeri. Foto penampakan mobil diduga Kia Sonet di Indonesia. (Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kreta Indo Artha (KIA) mengakui sedang menguji jalan calon mobil baru, Sonet, di Indonesia. Hal ini diungkap menanggapi beredarnya foto sosok SUV berkamuflase yang diduga kuat adalah Sonet di media sosial.

KIA menjelaskan Sonet sudah diuji di dalam negeri sejak Mei hingga saat ini.

"Kalau pengujian dilakukan langsung prinsipal sejak setelah Lebaran kemarin dan masih berlangsung," kata Marketing & Development Division Head KIA Ario Soerjo melalui pesan singkat, Kamis (1/9).


Kia SonetKia Sonet. (kia.com)

Saat disinggung mengenai kapan peluncuran dilakukan, ia bilang belum ada rencana sejauh ini.

"Belum ada rencana masih tahap pengujian," ucap Ario.

Salah satu foto penampakan Kia Sonet dengan bodi kamuflase diunggah blogger otomotif Bang Koboi melalui Instagram. Seluruh bodi ditutupi stiker, kecuali kap mesin dan area mengenakan bahan penutup berbeda.

Penutup itu seolah masker yang mungkin berkaitan dengan stiker merah bertuliskan #AkuAjaPakaiMasker yang ada di area pintu. Stiker seperti ini unik sebab mencolok mata dan seolah ingin agar mobil ini ditemukan.

Biasanya Agen Pemegang Merek (APM) melakukan uji jalan calon mobil baru secara diam-diam dan kemungkinan beriringan dengan mobil lain sejenis namun beda merek sebagai komparasi.

"Iya itu kepergok di jalan Rabu kemarin di daerah Warung Buncit. Mobil lagi muter-muter Jakarta," kata Bang Koboi saat dikonfirmasi.

[Gambas:Instagram]

KIA sebenarnya sudah pernah menyatakan niat meluncurkan Sonet di dalam negeri, saat Ario mengatakannya demikian pada Februari. Seltos bakal jadi mobil kedua KIA setelah mengambil alih bisnis Kia di dalam negeri.

Saat itu KIA disebut berencana meluncurkan Sonet di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) pada Agustus. Namun pameran otomotif tahunan itu telah diputuskan batal digelar akibat pandemi.

"InsyaAllah ada produk baru [di GIIAS 2020]," kata Ario saat itu.

Kia Sonet merupakan SUV ringkas berdimensi panjang sekitar empat meter. Eksterior dibuat dengan kekar melalui bumper, fender, hingga buritan. Klaim perusahaan tampilan luar mobil terinspirasi hewan gajah.

Ada kemungkinan Sonet untuk pasar Indonesia diimpor secara utuh dari pabrik Kia di India. Sonet di India dijual dengan tiga tipe mesin, yaitu 1.500 cc diesel, 1.000 cc bensin, dan 1.200 cc bensin.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]