Google Buat Fitur Kamera Night Mode untuk Ponsel Rp1 Jutaan

CNN Indonesia | Rabu, 07/10/2020 12:25 WIB
Google menghadirkan fitur kamera night mode bagi ponsel yang memiliki sistem operasi Android Go. Ilustrasi kamera ponsel. (Jordan Mcqueen via www.lifeofpix.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Google menghadirkan fitur kamera night mode bagi ponsel yang memiliki sistem operasi Android Go. Fitur ini tersedia di aplikasi Camera Go yang berada di Android Go yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas foto di tempat gelap tanpa bergantung pada flash.

Ponsel yang menggunakan sistem operasi Android Go biasanya merupakan ponsel dengan segmen ultra low-end dengan harga di bawah Rp1,5 jutaan.

Fitur night mode memang tak tersedia di segmen ponsel ultra-low-end. Pengguna ponsel ini hanya bisa mengandalkan kilatan flash untuk mengambil foto dengan tingkat pencahayaan rendah.


Tentu saja kilatan flash ini terkadang membuat sebuah foto menjadi terlalu terang atau membuat pantulan cahaya berlebih di objek.

Fitur di Camera Go ini akan memiliki cara kerja yang sama dengan fungsi night mode pada umumnya. Fitur ini mengambil rentetan foto pada eksposur berbeda dan menggabungkannya menjadi satu hasil.

Kamera untuk Android Go yang dioptimalkan untuk modul kamera pada ponsel bersegmen ultra-low-end sehingga ponsel tersebut memiliki fitur premium.

Dilansir dari Slash Gear, fitur ini tentu istimewa karena memberikan fitur premium dengan mengintegrasikan perangkat lunak AI dengan perangkat keras berupa modul kamera dengan kualitas terbatas.

Dilansir dari Android Authority, Google mengumumkan fitur ini baru tersedia di Nokia 1.3 dan Wiko Y61 dan Y81 untuk saat ini.

Menyongsong HDR untuk ponsel murah

Lebih lanjut, Google bahkan mengatakan akan menyiapkan fitur HDR yang akan mendukung modul kamera apa pun dalam pembaruan berikutnya.

HDR dianggap merupakan salah satu fitur premium fotografi lantaran HDR dapat meningkatkan kualitas foto di berbagai skenario, tidak hanya di malam hari.

Meski tak meningkatkan sensor kamera, HDR akan memperbaiki kualitas gambar dengan pencahayaan yang buruk dan menghasilkan gambar yang lebih tajam.

(jnp/DAL)

[Gambas:Video CNN]