Cara Merawat Earphone Bluetooth Agar Tidak Cepat Rusak

CNN Indonesia | Jumat, 09/10/2020 14:22 WIB
Headset atau earphone bluetooth membuat pengguna dapat melakukan multitasking dengan mudah dan tak direpotkan lagi dengan kabel kusut. Ilustrasi earphone bluetooth. (iStockphoto/DedMityay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perkembangan teknologi wireless semakin banyak diminati karena menunjang pengguna dalam beberapa kegiatan. Salah satu perangkat yang menggunakan teknologi ini adalah headset atau earphone bluetooth.

Dengan perangkat ini, Anda dapat melakukan multitasking dengan mudah. Anda pun tidak akan kewalahan membetulkan kabel headset yang kusut.

Berikut menjaga earphone bluetooth agar tidak cepat rusak:


1. Membeli earphone dengan teknologi magnet

Dilansir Lonelybrand, Anda disarankan untuk membeli earphone bluetooth yang bermagnet dengan desain berkalung. Mengapa? Karena akan memudahkan Anda untuk mengeluarkan earphone dari telinga Anda.

2. Rutin mengganti bantalan telinga earphone

Kesesuaian di dalam liang telinga Anda dapat memengaruhi peredam bising hingga kualitas suara. 

Untuk mengganti bantalan telinga, pegang dengan kuat dan tarik bantalan karet dari earbud. Setelah Anda memasang bantalan telinga dengan ukuran yang berbeda, uji lah untuk memastikan segelnya sempurna.

Kebisingan sekitar harus diredam secara signifikan. Segel yang baik juga akan membantu mencegah earphone jatuh.

3. Hapus koneksi bluetooth yang tidak perlu

Menurut Next Pit, untuk menjaga earphone Anda supaya tidak rusak, hapus koneksi bluetooth yanng tidak perlu. Kemungkinan smartphone bisa 'kewalahan' oleh sejumlah hal yang mencoba menyambungkannya.

4. Pastikan earphone Bluetooth Anda memiliki daya baterai yang cukup

Earphone bluetooth cenderung akan memutuskan koneksi secara berkala sat baterai hampir habis. Oleh karena itu, pastikan earphone Anda memiliki cukup daya.

5. Jauhi earphone bluetooth Anda dari router WiFi

Untuk mencegah gangguan koneksi, Anda disarankan untuk menjauhi router WiFi. Bisa jadi spektrum WiFi sama dengan earphone. Oleh sebab itu menyebabkan beberapa gangguan.

(din/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK