Mengenal Cara Kerja Google Search

Dini Nur Asih, CNN Indonesia | Sabtu, 10/10/2020 05:12 WIB
Google awalnya hanya sebuah proyek penelitian yang dipimpin oleh Larry Page dan Sergey Brin pada akhir 1990-an. Google mesin pencari yang cukup diandalkan. (Foto: Google)
Jakarta, CNN Indonesia --

Google awalnya hanya sebuah proyek penelitian yang dipimpin oleh Larry Page dan Sergey Brin pada akhir 1990an. Keduanya adalah mahasiswa program Ph.D atau S3.

Proyek penelitian Google saat awal kemunculannya untuk membuat mesin pencari yang efisien, yang dapat memberikan link atau tautan yang relevan bagi penggunanya.

Saat ini Google merupakan salah satu mesin pencari terpopuler di dunia, praktis setiap webmaster ingin situsnya tercantum paling atas di halaman hasil mesin pencari (Google's Search Engine Results Pages/SERP).


Dilansir dari How Stuff Works, dengan mendunianya Google saat ini, perusahaan yang digawangi Sundar Pichai itu mengakuisisi beberapa perusahaan internet mulai dari blog sampai YouTube.

Lalu, bagaimana cara kerja Google Search? Berikut cara kerjanya:

Sebelum Anda melakukan penelusuran, teknologi crawler web akan mengumpulkan informasi dari ratusan miliaran halaman dan mengelolanya di indeks penelusuran.

Proses crawling dimulai dengan daftar alamat web dari aktivitas crawling sebelumnya dan peta situs yang diberikan oleh pemilik situs.

Nantinya, crawler Google menggunakan tautan pada situs tersebut untuk menentukan halaman lainnya. Perangkat lunak ini akan menentukan situs mana yang di-crawl, serta seberapa sering dan berapa banyak halaman yang diambil dari tiap situs.

Saat crawler menemukan halaman web, sistem Google akan merender konten halaman tersebut. Google mencatat sinyal-sinyal penting, mulai dari kata kunci hingga pembaruan situs.

Indeks Google Search sendiri berisi ratusan miliaran halaman dan memiliki kapasitas hingga lebih dari 100.000.000 GB.

Sistem perangkat Google mengurutkan ratusan miliar halaman web di indeks penelusuran untuk memilah hasil yang paling relevan bagi pencari.

Untuk memberikan informasi yang paling relevan kepada penggunannya, algoritme penelusuran terdiri dari banyak faktor termasuk kata dalam kueri, relevansi dan kegunaan halaman, keahlian sumber, serta lokasi dan setelan.

Menurut Google, untuk membantu memastikan algoritme penelusuran memenuhi standar relevansi dan kualitas yang tinggi, mereka memiliki proses yang ketat dan melibatkan pengujian langsung dari ribuan sukarelawan Google di seluruh dunia.

Adapun faktor-faktor utama yang membantu pencari mendapatkan hasil yang ditampilkan dari kueri yaitu, menganalisis kata penelusuran, mencocokkan penelusuran, memberi peringkat halaman yang relevan, menampilkan hasil terbaik, dan mempertimbangkan konteks.

(din/mik)

[Gambas:Video CNN]