Analisa Aktor Utama Pemberitaan Demo Tolak UU Cipta Kerja

CNN Indonesia | Kamis, 08/10/2020 21:46 WIB
Drone Emprit mengungkap ada enam aktor utama dalam pemberitaan media saat aksi demo, yakni mahasiswa, massa, polisi, buruh, DPR, dan Jokowi. Polisi membubarkwn Massa saat berunjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Kamis, 8 Oktober 2020. Mereka menolak hasil penetapan omnibus law. (cnnindonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pendiri Drone Emprit and Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi, menyampaikan ada enam aktor utama pemberitaan media dalam aksi demo menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja yang berlangsung Kamis (8/10). Dia mengatakan hal itu berdasarkan analisis Natural Language Processing (NLP).

"Jika semua kalimat dalam artikel yang mengandung keyword aksi diekstrak Subyek-Predikat-Obyek-nya, akan didapat daftar Subyek atau aktor yang paling sering diberitakan," kata Ismail.


Ismail membeberkan ada enam aktor utama dalam pemberitaan media saat demo Omnibus Law kali ini, yakni mahasiswa, massa, polisi, buruh, DPR, dan Jokowi (Presiden Joko Widodo).

Selain aktor, Ismail menuturkan NLP juga menganalisa aktivitas enam aktor itu. Misalnya, dia berkata aktivitas mahasiswa terdiri dari banyak hal mulai dari aksi unjuk rasa, orasi, long march, negosiasi, salat, hingga bakar ban. Sedangkan kebakaran halte tidak masuk dalam masuk sebagai objek yang dibakar mahasiswa.

Sedangkan polisi, analisis NLP memperlihatkan paling banyak diberitakan tentang mengamankan, menembakkan, menangkap, memukul mundur, membubarkan, hingga mengamankan mahasiswa.

Adapun yang dilakukan Jokowi berdasarkan berita di media, Ismail berkata melakukan kunjungan, meninjau lumbung pangan, menunjuk Prabowo, berada di Istana dan Kalteng, terbang ke Solo, Jakarta, Kalteng, dan Yogya.

"Namun yang paling banyak ditulis wartawan adalah 'balik badan'," ujarnya.

Pada sisi lain, Ismail juga menyampaikan NLP berhasil memetakan sebaran aksi berdasarkan pemberitaan media yang dikumpulkan DE. Berdasarkan foto yang diunggah, aksi demo menolak UU Ciptaker berlangsung di semua pulau besar di Indonesia, paling banyak terjadi di Jawa.

Ismail menambahkan NLP adalah sebuah bidang dalam ilmu linguistik, computer science, dan artificial intelligence. NLP, kata dia, terkait komputer yang memproses bahasa manusia dalam ukuran raksasa (big data, unstructured).

(pjs/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK