Qualcomm Siapkan Ponsel Game, Mirip Asus ROG

CNN Indonesia | Minggu, 11/10/2020 09:23 WIB
Qualcomm akan membuat ponsel game mirip ROG. Ponsel spesial ini hasil kerja sama dengan Asus. Ilustrasi. Qualcomm dilaporkan bekerjasama dengan Asus untuk membuat ponsel game mirip ROG (Qualcomm)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perusahaan cipset Qualcomm dilaporkan menjalin kerja sama dengan Asus untuk membuat smartphone gaming sendiri.

Ponsel itu kemungkinan besar akan diluncurkan akhir tahun ini.

Dalam kerja sama itu, Asus diprediksi fokus pada perangkat keras dan desain. Sedangkan Qualcomm akan menangani desain industri dan integrasi perangkat lunak yang mengoptimalkan platform Snapdragon 875.


Qualcomm akan kembali merilis cipset baru andalannya pada Desember 2020. Selain melihat debut Snapdragon 875, konsumen mungkin akan melihat ponsel yang menggunakan cipset itu. Namun, ponsel tersebut diperkirakan akan dijual tahun depan.

Qualcomm tampaknya mengikuti jalur yang diambil NVIDIA pada tahun 2016 dengan memperkenalkan jajaran GPU 'Founders Edition'. Produks tidak hanya desain referensi ,tetapi juga membantu perusahaan mendapatkan keuntungan dengan menjual lini GPU-nya sendiri.

Selain itu, ASUS tampaknya menjadi pilihan yang sangat bagus mengingat rekam jejaknya dalam membuat smartphone gaming terbaik di pasar. Saat ini, ROG Phone 3 dinilai sebagai smartphone gaming terbaik yang mengemas chip andalan terbaru Qualcomm, Snapdragon 865+, seperti ditulis XDA Developers

Melansir Android Authority, Minggu (11/10), dalam kesepakatan itu juga diketahui bahwa Qualcomm akan menggunakan beberapa elemen yang terdapat pada ASUS ROG Phone, seperti display, memori, modul kamera, baterai, dan pendingin. 

Kedua perusahaan juga dikabarkan akan memproduksi sekitar 1 juta ponsel setahun, dengan 500.000 didedikasikan untuk Qualcomm sementara yang lain berada di bawah merek ROG Phone.

Belum ada kabar tentang spesifikasi atau detail lain mengenai ponsel itu. Namun, fitur yang umum ditemukan pada ponsel gaming saat ini antara lain kecepatan refresh tinggi, tombol tambahan, pendinginan canggih, silikon kelas atas, dan baterai besar.

(jps/eks)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK