iPhone 12 Tanpa Colokan Charger, Cas Baterai Cukup Tempel

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Rabu, 14/10/2020 07:28 WIB
iPhone 12 dijual tanpa colokan charger. Apple pun menyediakan Mag Safe, atau pengisi daya nirkabel (wireless charging) untuk iPhone 12. Foto: (dok. screenshot Apple)
Jakarta, CNN Indonesia --

Apple memutuskan menjual iPhone 12 tanpa colokan charger dan EarPod. Menurut perusahaan langkah ini untuk mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan.

Apple pun menyediakan Mag Safe, atau pengisi daya nirkabel (wireless charging) untuk iPhone 12. Cara menggunakannya, pengguna cukup menempelkan perangkat yang akan menempel otomatis di bagian belakang ponsel Apple ini. MagSafe juga memungkinkan untuk mengisi daya baterai Apple Watch.

Melansir laman resmi Apple, seluruh tipe iPhone 12 mendukung pengisian daya nirkabel MagSafe hingga 15W, pengisian daya nirkabel Qi hingga 7,5W, dan melalui USB ke sistem komputer atau laptop. Perangkat ini dijual terpisah.


Apple Mag safe pengisi daya nirkabel wireless chargingApple Mag safe pengisi daya nirkabel wireless charging. (Foto: (dok. screenshot Apple))

Apple menjual pengisi daya nirkabel MagSafe dengan harga US$39 atau Rp578 ribu. Sedangkan adaptor USB-C 20 W sebesar US$19 atau Rp281 ribu.

Sedangkan EarPod dengan konektor lightning sebesar US$19 atau Rp281 ribu, AirPods dengan Charging Case senilai US$159 atau Rp2,3 juta, AirPods dengan pengisi daya nirkabel US$199 atau Rp2,3 juta, dan AirPod Pro seharga US$249 atau Rp3,6 juta.

Apple mengklaim dapat mengurangi emisi karbon secara signifikan dengan tidak membuat aksesori di dalam setiap produk ponsel yang dijualnya. Selain itu, Apple mengurangi ukuran kotak pengiriman dari setiap iPhone yang dijual.

Melansir 9to5mac, Apple menyampaikan akan menghemat 2 juta metrik ton karbon setiap tahun dengan tidak menyertakan pengisi daya, earbud, dan mengurangi ukuran kotak iPhone 12.

VP Apple Lisa Jackson mengatakan bahwa sudah ada lebih dari 2 miliar adaptor daya atau charger piting di dunia.

Dijelaskan Apple, pihaknya terus mendorong penggunaan metode pengisian nirkabel.

(jps/mik)

[Gambas:Video CNN]