KONSULTASI OTOMOTIF

Ban Mobil Kelihatan Naik Turun di Jalan Tol

fea, CNN Indonesia | Minggu, 18/10/2020 13:39 WIB
Salah satu penyebab ban mobil keliahatan naik turun saat kecepatan tinggi adalah kerusakan shockbreaker. Ilustrasi berkendara di jalan tol. (CNNIndonesia/Thohirin)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertanyaan: Mengapa ban mobil kelihatan seperti naik turun di jalan tol?

@m.edimufrodi

Jawaban: Kemungkinan besar penyebabnya adalah shockbreaker yang sudah rusak sehingga tidak dapat menahan beban bantingan dari body mobil yang naik turun.


Kerusakan shockbreaker semacam ini akan membuat ban cepat termakan secara tidak merata. Apabila seperti itu ban butuh penggantian lebih cepat dari seharusnya dibanding pemakaian wajar. Selain itu ban juga akan terlihat benjol-benjol.

Kadang kita akan melihat mobil di mana hanya salah satu ban yang terlihat loncat-loncat, misalnya hanya yang sebelah kiri saja, ini karena shockbreaker yang rusak hanya sebelah kiri saja.

Provis - Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.

Kemungkinan lain adalah karena sudah lama tidak dilakukan servis balancing ban, ban akan terlihat naik turun di kecepatan tinggi.

(fea)

[Gambas:Video CNN]