TIPS TEKNOLOGI

Cara Menjadi Kreator Konten Guna Mencuri Hati Netizen

Dini Nur Asih, CNN Indonesia | Selasa, 20/10/2020 20:17 WIB
Kreator konten bisa membuat cerita menarik bila konten yang dibuat tepat sasaran. Ilustrasi kreator konten. (Foto: Drew Angerer/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kreator konten menjadi hal baru di era digitalisasi. Konten yang diulas pun beragam mulai, plesiran, isu lingkungan sampai hobi dan lain.

Karena dunianya baru, maka tak banyak masyarakat yang paham bagaimana menjadi kreator konten yang bisa menarik banyak orang. Bagi kamu yang baru 'terjun' ada baiknya memperhatikan poin-poin menjadi kreator konten.

Pada acara Galaxy Creator Workshop, Senin (19/10), CEO dan Co-Founder SociaBuzz Rade Tampubolon menyampaikan terjadi peningkatan rata-rata pendaftaran kreator konten di platform SoziaBuzz setelah pandemi.


Meskipun Socia Buzz tidak melakukan promosi apapun, dari 2.552 user baru per bulan sebelum pandemi, menjadi 7.730 user baru per bulan setelah pandemi.

"Perkembangan teknologi berperan besar terhadap adanya fenomena ini. Dengan semakin banyaknya ragam media sosial yang dapat digunakan untuk membangun audience, semakin canggih dan terjangkau perangkat yang dapat digunakan untuk mempermudah dalam membuat konten dan karya, serta semakin banyak platform yang tersedia untuk menghasilkan uang seperti YouTube Adsense dan creator marketplace seperti SociaBuzz," ucap Rade Tampubolon.

Sementara itu, content creator, Ogut Mudacuma sekali menekankan bahwa untuk memulai sebagai seorang content creator, kita tidak perlu bermodalkan perangkat yang banyak dan mahal.

"Yang pertama adalah audience, kuatkan permasalahan audience agar konten tepat sasaran. Yang kedua adalah algoritma, ikuti trend yang ada, pahami penggunaan sosial media, dan selalu adaptif," ujar Ogut.

Yang ketiga easy tools atau alat yang mudah digunakan. Kamu yang hendak mulai sebaiknya gunakan alat yang mudah dioperasikan dari mulai perangkat dan aplikasinya. Tujuannya untuk bebas berkreasi dan menciptakan konten dengan beragam.

(din/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK