Pengisi Baterai Nirkabel iPhone 12 Bisa Digunakan Z Fold 2

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Jumat, 23/10/2020 16:16 WIB
iPhone 12 dan Samsung Z Fold bisa menggunakan pengisi daya nirkabel milik Apple, MagSafe yang diluncurkan beberapa waktu lalu. iPhone 12 tidak menyediakan pengisi daya adaptor seperti produk ponsel lain. (Foto: (dok. screenshot Apple))
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengisi daya nirkabel yang baru diluncurkan Apple untuk seri iPhone 12, yakni MagSafe ternyata bisa digunakan untuk mengisi daya baterai Samsung Z Fold. Hal itu mengejutkan banyak pihak yang semula menilai MagSafe hanya berfungsi untuk iPhone.

MagSafe diketahui berfungsi dan terhubung ke Z Fold 2 tanpa kumparan magnet yang ditemukan di iPhone 12. Sebab, Z Fold 2 telah memiliki magnet di bagian engsel dan samping ponsel.

Melansir Android Police, magnet tersebut berada dalam posisi yang sempurna untuk memungkinkan pengisi daya MagSafe terhubung dan menahan dirinya untuk mengisi daya telepon. Berbeda dengan iPhone 12 yang magnetnya cukup kuat untuk menahan telepon, Z Fold 2 justru sebaliknya.


Pengisi Daya MagSafe adalah pengisi daya baterai nirkabel Qi normal, jadi pengisi daya ini akan mengisi daya hampir semua perangkat yang kompatibel dengan Qi. Tetapi sangat sedikit yang akan berfungsi dengan koneksi magnet.

Satu-satunya perangkat lain bisa memanfaatkan MagSafe adalah Pixel 5, tetapi koneksi magnetnya tidak sekuat di Z Fold 2.

Melansir Sam Mobile, magnet di dalam ponsel Samsung tidak sekuat yang ada di iPhone, karena magnet ditempatkan di engsel dan samping Galaxy Z Fold 2 untuk memastikannya bisa menutup dan melipat dengan benar.

Sehingga, jangan mencoba menggantung Galaxy Z Fold 2 dengan pengisi daya MagSafe karena ponsel bisa jatuh dan pecah.

Pengisi daya MagSafe tidak akan mengisi daya Galaxy Z Fold 2 dengan cepat secara nirkabel (atau perangkat non-iPhone lainnya) pada 15W. Kondisi itu karena default-nya hanya 5W atau 7,5W.

(jps/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK