Microsoft Rilis Update Windows 10, Desain Menu Start Berubah

CNN Indonesia | Kamis, 22/10/2020 01:05 WIB
Microsoft telah merilis Pembaruan Windows 10 ke lebih dari satu miliar pengguna pada Selasa (20/10). Ilustrasi Windows 10. (Drew Angerer/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Microsoft telah merilis Pembaruan Windows 10 ke lebih dari satu miliar pengguna pada Selasa (20/10). Sejumlah perubahan dihadirkan dalam pembaruan tersebut.

Microsoft diketahui membuat beberapa perubahan menarik, di antaranya pada menu Start, Alt Tab, hingga Microsoft Edge baru yang didukung Chromium.

Melansir The Verge, Microsoft menghadirkan desain baru pada menu Start. Perusahaan itu menghilangkan warna solid di balik logo aplikasi dan menambahkan latar belakang transparan ke putih sebagai gantinya. Meski fungsinya masih sama, perubahan itu dinilai lebih memudahkan pengguna menemukan aplikasi.


Perubahan signifikan kedua Microsoft adalah cara kerja Alt Tab. Secara tradisional, pengguna biasanya menggunakan Alt Tab untuk menelusuri aplikasi desktop yang terbuka di Windows.

Tetapi daftar tersebut sekarang menyertakan semua tab yang terbuka di Microsoft Edge. Microsoft mengizinkan pengguna Windows 10 untuk beralih kembali ke pengalaman Alt-Tab klasik.

Tambahan penting terakhir terkait dengan game PC. Microsoft mempermudah pengguna mengatur dan mengontrol kecepatan refresh monitor di Windows, sehingga tidak ada lagi pengguna yang lupa untuk mengaktifkan mode 144Hz atau lebih tinggi di monitor mereka.

Pengguna sekarang dapat beralih ke kecepatan refresh yang lebih tinggi langsung di dalam panel pengaturan Windows 10 dengan cara membuka Pengaturan> Sistem> Tampilan, Pengaturan tampilan lanjutan. Ini lebih baik daripada cara lama seperti harus mengontrol dari aplikasi AMD atau Nvidia.

Melansir laman resmi. sejumlah pengguna mungkin belum dapat menginstal pembaruan itu. Sebab, Microsoft mengambil pendekatan bertahap dalam meluncurkan pembaruan Windows-nya, terlebih saat ini pembaruan itu hadir di tengah pandemi di mana semua orang lebih mengandalkan laptop dan PC daripada sebelumnya.

"Kami membatasi ketersediaan selama beberapa minggu mendatang untuk memastikan pengalaman unduhan yang andal sehingga pembaruan mungkin tidak langsung ditawarkan kepada Anda," ujar John Cable, kepala Layanan dan Pengiriman Windows.

Selain itu, beberapa perangkat mungkin memiliki masalah kompatibilitas dengan pengamanan yang diberlakukan, jadi kami tidak akan menawarkan pembaruan sampai kami yakin bahwa Anda akan mendapatkan pengalaman pembaruan yang baik," tambahnya.

Jika perangkat mendukung, pengguna dapat memeriksa Pembaruan Windows 10 Oktober 2020 di bagian Pengaturan Pembaruan Windows (Pengaturan> Pembaruan & Keamanan> Pembaruan Windows). Jika tidak, pembaruan terbaru itu mungkin akan muncul dalam beberapa waktu mendatang.

Jika pembaruan muncul dan menggunakan Windows 10, versi 1903 atau yang lebih baru, pengguna cukup memilih Unduh dan instal untuk memulai.

Setelah pengunduhan selesai dan pembaruan siap dipasang, Microsoft akan memberitahu pengguna agar dapat memilih waktu yang tepat untuk menyelesaikan penginstalan dan mem-boot ulang perangkatnya, memastikan bahwa pembaruan tidak mengganggu aktivitas.

Pengguna yang telah menjalankan Pembaruan Mei 2020 disebut akan memiliki pengalaman pembaruan keseluruhan yang lebih cepat karena pembaruan akan menginstal seperti pembaruan bulanan.

(jps/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK