TIPS TEKNOLOGI

Rekomendasi CCTV Rumah Harga di Bawah Rp1 Juta

Dini Nur Asih, CNN Indonesia | Sabtu, 31/10/2020 20:28 WIB
Desain CCTV kini lebih ringkas dengan harga kian terjangkau untuk penggunaan di tempat tinggal. Desain CCTV kini lebih ringkas dengan harga kian terjangkau. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penggunaan CCTV kian marak untuk memantau kondisi lalu lintas dan keamanan tempat tinggal. Kamera CCTV pun kerap dijadikan alat untuk pengawasan rumah pribadi.

Seiring berkembangnya teknologi, desain CCTV kini lebih ringkas dengan harga kian terjangkau. Karena desain yang jauh lebih ringkas, banyak orang memanfaatkan peranti tersebut untuk penggunaan rumah pribadi untuk memantau garasi, halaman depan, dan kamar tidur.

Menariknya pemilik bisa memantau kondisi tempat tinggal dari jarak jauh melalui ponsel yang terinstal aplikasi pendukung. Ada juga CCTV cuma merekam aktivitas bila ada pergerakan yang tertangkap, selain itu statusnya cuma "stand by".


CCTV model ini cukup digemari masyarakat karena penggunaannya sangat praktis. Cukup beli alat CCTV, sediakan sim card berisi paket data untuk mengkoneksikan dengan jaringan dan ponsel dengan sistem Android dan iOS.

Di Indonesia banyak rekomendasi CCTV murah seperti itu. Bahkan pedagang menjualnya di toko online dengan harga relatif terjangkau, alias tidak lebih dari Rp1 juta.

Berikut daftar CCTV murah di bawah Rp1 jutaan:

1. DVR 4 CH 4 Channel XMEYE

CCTV yang pertama ialah DVR CH 4 Channel XMEYE yang dilego Rp999 ribu. Menurut penjelasan penjual, CCTV ini bisa dilihat melalui ponsel Android.

Di Google Play Store, nama aplikasi CCTV ini adalah iDVR-PRO Viewer: CCTV DVR App.

Berdasarkan penjelasan aplikasi, pengguna dapat melihat kamera keamanan mereka secara langsung dari jarak jauh melalui internet, menggunakan WiFi dan koneksi internet seluler maupun tablet. Ada model terbaru dari iDVR-PRO yaitu hybrid dan dapat mendukung kamera CCTV analog standar dan kamera keamanan beresolusi HD.

Resolusi video 720p sampai 1080p dan didukung kamera AHD dan HD-TVI. Tiap saluran DVR dapat dikonfigurasi secara berbeda menggunakan CCTV, AHD atau HD-TVI. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna mencari dan memutar rekaman-rekaman video pengawasan dari hard drive HDR.

2. Xiaomi CCTV Ip Cam

Rekomendasi CCTV murah lain yakni dari perusahaan China. Perusahaan ponsel asal China mengekspansi bisnis mereka ke teknologi rumah pintar, salah satunya Xiaomi CCTV Ip Cam yang harganya sangat terjangkau, Rp399 ribu.

Kita bisa mengendalikan CCTV milik Xiaomi ini dengan aplikasi Android yang diberi nama Mi Home yang telah diunduh hampir 500 ribu pengguna.

3. EZVIZ C4W 1080P

CCTV ini dijual Rp725 ribu. Uniknya CCTV C4W akan memancarkan cahaya peringatan dan mengeluarkan suara untuk mengusir penyusup ke rumah tinggal.

Selain itu, kamera C4W memungkinkan Anda menggambarkan zona tertentu yang diinginkan di aplikasi EZVIZ dan mengatur sensitivitas deteksi gerakan untuk menerapkan tingkat keamanan yang tepat sesuai yang Anda butuhkan.

4. DAHUA CCTV Camera HAC-HDW1220R

Dahua CCTV Camera HAC-HDW1220R bisa Anda dapatkan dengan harga Rp500 ribuan di toko online.

CCTV ini juga didukung aplikasi Android yang dinamakan gDMSS Lite, yang merupakan perangkat lunak pengawasan jarak jauh dan ada juga versi aplikasi gDMSS Plus.

(din/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK