Dunia Akui Kompetensi Pengembangan Vaksin Bio Farma

KPC PEN, CNN Indonesia | Rabu, 21/10/2020 19:10 WIB
Bio Farma dipercaya Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI) sebagai perusahaan farmasi yang kompeten untuk pengembangan vaksin Covid-19. Bio Farma dipercaya Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI) sebagai perusahaan farmasi yang kompeten untuk pengembangan vaksin Covid-19. (Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Biofarma akan memproduksi vaksin Covid-19 untuk Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI). Kerja sama ini merupakan bentuk kepercayaan dunia terhadap produk farmasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia.

"Kami sangat bangga bisa disejajarkan dengan produsen vaksin lain di dunia," ujar Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir dalam keterangan persnya, Kamis (16/10).

Rencananya Bio Farma akan memproduksi vaksin Covid-19 untuk CEPI dengan multiplatform sebanyak 100 juta dosis per tahunnya. Produksi ini ditargetkan mulai akhir Kuartal IV tahun 2021 atau Kuartal I tahun 2022.


Bagi Honesti, produksi vaksin ini menunjukkan kualitas dan reputasi Biofarma. BUMN yang dipimpinnya dianggap kompeten dunia dalam pengembangan vaksin COVID-19.

Selain itu kerja sama dengan CEPI ini Bio Farma juga dipercaya dalam pengembangan teknologi vaksin untuk kemandirian di negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

"Vaksin produksi Biofarma telah digunakan di 150 negara dan (sebagai produsen) telah dipercaya berbagai organisasi dunia dalam pengembangan vaksin. Salah satunya adalah CEPI," ujarnya.

Tugas penting selanjutnya di masa depan, kerja sama Bio Farma dengan CEPI tidak hanya sebatas vaksin Covid-19 saja, melainkan pengembangan vaksin pandemi lainnya melalui berbagai teknologi terkini.

(ayo/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK