Sebagian Pengguna Sudah Tak Bisa Akses Google Play Music

eks, CNN Indonesia | Sabtu, 24/10/2020 01:10 WIB
Sebagian pengguna Google Play Music sudah tak bisa akses layanan musik yang rencananya akan dimatikan akhir tahun ini. Ilustrasi. Sebagian pengguna Google melaporkan layanan Play Music mereka dihentikan (iStockphoto/Chinnapong)
Jakarta, CNN Indonesia --

Google resmi mematikan aplikasi pemutar lagu Play Music hari ini bagi sejumlah pengguna. Berdasarkan laporan media, pengguna sudah tak bisa mengakses konten musik dari aplikasi dan portal web.

Sebelumnya pada Agustus lalu, Google sempat mengumumkan akan melakukan penghentian layanan secara bertahap hingga akhir tahun.  

Bagi pengguna yang sudah mendapat penghentian layanan, aplikasi Google Play Music (GPM) mereka bakal memberikan tampilan putih. Logo Play Music juga ditampilkan berubah bentuk menjadi logo Youtube Music. Lantas ada tulisan tebal bertuliskan GPM tak lagi tersedia.


Aplikasi musik di Android ini pun meminta pengguna untuk mentransfer data mereka ke YouTube Music karena "Google Play Musik (sudah) tidak tersedia lagi".

Lantas terdapat dua tombol di bawah tulisan itu. Tombol pertama untuk memulai proses transfer. Sementara tombol lain bisa digunakan pengguna untuk melakukan pengaturan data.

Jika memilih untuk melakukan pengaturan data, maka pengguna akan diarahkan ke situs GPM dan pengguna bisa mengunduh dan menghapus perpustakaan musik mereka. Pengguna juga punya opsi untuk menghapus riwayat rekomendasi musik mereka. Setelah selesai, widget aplikasi ini akan menghilang dengan sendirinya dari tampilan di ponsel.

Namun, Google tak memberikan solusi bagi pengguna yan sudah terlebih dulu mengunduh musik mereka ke ponsel. Sebab, tak ada cara untuk menggunakan musik yang sudah terunduh itu di aplikasi lain. Selain itu,d ata musik yang terunduh cukup memakan memori.

Untuk membersihkan memori dari data ini, pengguna mesti melakukan proses uninstall aplikasi. Jika tak bisa, klik dan tahan ikon aplikasi, pilih App Info, dan pilih Storage. Setelah itu, pengguna bisa membersihkan cache GPM dan musik offline mereka, seperti dilaporkan Android Police.

Beberapa pengguna juga menyebut tidak dapat mengakses situs web Play Musik. Pengguna di Reddit juga menginformasikan bahwa layanan tersebut telah dihentikan.

Penghentian layanan ini bukan suatu kejutan, sebab sebelumnya Google sempat mengumumkan bakal mematikan Play Music pada Agustus lalu. Sebagai gantinya, pengguna diminta untuk mengakses layanan Youtube Music.

Saat ini, baru sebagian negara dan pengguna yang kehilangan akses ke Google Play Music. Berdasarkan penelusuran Android Authority, beberapa pengguna menyebut layanan itu masih ada di sebagian perangkat mereka, tapi sudah menghilang di perangkat Android lain. 

Selain itu, beberapa pengguna di sejumlah negara juga masih bisa mengakses layanan musik tersebut. Pengguna di Afrika Selatan, Selandia Baru, dan India melaporkan masih bisa mengakses.

(eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK