KONSULTASI OTOMOTIF

Cairan Rem Mobil Berkurang padahal Tidak Ada Kebocoran

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Minggu, 25/10/2020 11:03 WIB
Penyebab cairan rem mobil berkurang padahal tidak terlihat kebocoran. Ada beberapa kemungkinan penyebab minyak rem berkurang saat dilihat dari tabung. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertanyaan: Apa penyebab cairan rem mobil berkurang padahal tidak terlihat kebocoran?

@i.ryan

Jawaban: Ada beberapa kemungkinan penyebab cairan rem terlihat berkurang atau levelnya turun di tabung cairan rem.


Pertama, karena kanvas rem yang sudah menipis sehingga piston rem berada di posisi lebih menonjol dan terisi oleh cairan rem sehingga cairan rem terlihat turun di tabungnya.

Bisa juga ada kebocoran kecil yang tidak terdeteksi. Kebocoran bisa terjadi di perangkat brake valve atau di modul ABS yang biasanya luput dari pemeriksaan.

Kemungkinan lain adalah karena karet piston master rem atas yang sudah lemah, sehingga terjadi kebocoran ke booster rem, biasanya ini bisa menimbulkan asap berbau pedih di knalpot, cairan rem yang masuk ke area booster rem juga dapat merusak karet-karet booster rem menjadi ikut rusak.

Karena kebocoran cairan remnya ke perangkat booster rem, maka tidak terlihat kebocoran di area luar dari master rem atas.

Provis - Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.

(mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK