TIPS TEKNOLOGI

Cara Buat Bioskop Mini di Rumah

Dini Nur Asih, CNN Indonesia | Rabu, 28/10/2020 09:31 WIB
Menciptakan bioskop mini di rumah tidak sulit yang dibayangkan. Kamu cuma butuh peralatan pendukung yang mudah didapat di toko fisik atau online. Ilustrasi cara membuat bioskop mini di rumah. (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah bioskop di Indonesia diizinkan beroperasi kembali setelah ditutup berkenaan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penularan Covid-19 beberapa bulan lalu. Kendati demikian pemerintah membatasi kapasitas penonton sampai 20 persen untuk satu kali pemutaran film.

Kabar ini tentu menjadi angin segar bagi kamu yang ingin menikmati film-film terbaru di ruang besar, tertutup dan minim cahaya. Namun di balik pembukaan bioskop kembali bagi sebagian orang masih menjadi momok. Alasannya masih ada rasa 'takut' tertular Covid-19 bila berkunjung ke bioskop.

Pilihannya adalah menunda menonton film terbaru yang ditayangkan di bioskop sembari menunggu film-film itu tersedia di pasaran atau disiarkan secara streaming di Netflix, Disney atau layanan streaming konten lainnya di ponsel atau pesawat televisi. Nah, dengan cara itu kamu bisa menonton di rumah bersama anggota keluarga lainnya tanpa ada kekhawatiran.


Cara ini tidak salah bagi kamu yang masih dilema dengan penyebaran virus SARS-CoV-2 di Indonesia, terlebih menonton film di rumah bisa lebih "keren" dengan sejumlah peralatan canggih, sebab ruang keluarga bisa disulap menghasilkan sensasi seperti di bioskop.

Untuk menciptakan bioskop mini di rumah tidak sulit yang dibayangkan. Kamu cuma butuh peralatan pendukung yang mudah didapat di toko fisik atau online dengan harga sesuai isi kantong.

CNNIndonesia merangkum cara membuat bioskop mini di rumah dengan memanfaatkan tempat yang mumpuni. Berikut caranya dilansir Tech Radar:

1. Memilih proyektor

Sejauh ini, proyektor adalah cara terbaik untuk mendapatkan gambar lebih dari 50 inci karena proyektor bagian terpenting dari bioskop rumah.

Dari segi kecerahan, menurut Tech Radar kamu perlu mencari proyektor yang menawarkan kecerahan setidaknya 2.000 ANSI Lumens.

Namun pastikan membeli mode home cinema-centric, bukan proyektor untuk presentasi. Kamu juga perlu memperhatikan bahwa proyektor dengan spesifikasi 3D mesti membutuhkan pembelian tambahan untuk pemancar dan kacamata 3D.

Masalah terbesar dari sebuah proyektor adalah bagaimana proyektor dapat menyelaraskan gambar agar tidak terpotong. Oleh karena itu, pilih produk dengan zoom optik yang layak dan lensa vertikal.

2. Memilih TV

Smart TV sebetulnya sudah sangat mumpuni untuk streaming film tetapi lebih baik mencari TV dengan nilai terbaik.

Untuk bioskop di rumah, disarankan untuk membeli televisi yang resolusinya OLED. Namun, jika kantong dompet kamu tidak mampu untuk membelinya, cari televisi yang memiliki panel 200Hz agar gambar tidak blur.

3. Kabel interkoneksi

Kabel interkoneksi digunakan untuk menghubungkan satu komponen ke komponen lainnya. Berikut mencari kabel yang cocok menurut laman resmi Dolby.

a. Konstruksi fisik berkualitas tinggi.

b. Konektor berkualitas baik yang cocok satu sama lain dengan kokoh tetapi tidak terlalu erat sehingga harus dipaksakan.

c. Kabel Ethernet.

d. Kabel HDMI yang resmi.

Ketahuilah bahwa kabel video dan interkoneksi audio tidak dapat saling ditukarkan meskipun terlihat serupa.

4. Memilih dan menempatkan speaker

Penempatan speaker adalah yang terpenting. Tempatkan speaker di tengah bawah layar TV atau proyektor karena dari sinilah dialog berasal.

Kemudian letakkan speaker depan kiri dan kanan di kedua sisi TV atau layar di sudut ruangan.

Speaker belakang menurut Tech Radar memerlukan set-up 5,1, speaker di samping 7,1 dan speaker depan set-up 9,1.

5. Sentuhan akhir

Lampu adalah cara mudah untuk menambahkan pencahayaan. Untungnya ada banyak produk siap pakai yang dapat menambahkan kilau ke bioskop mini di rumah sendiri. Remote control juga diperlukan misalnya dari Logitech, Nevo, dan One For All yang dapat diprogram untuk mengontrol semua perlengkapan bioskop mini.

(din/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK