GoFood Dorong Usaha Kuliner Lewat Edukasi dan Jejaring

Gojek, CNN Indonesia | Selasa, 27/10/2020 20:19 WIB
GoFood memfasilitasi edukasi pelatihan pengembangan usaha pelaku UMKM lewat KOMPAG. (Dok. Gojek)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selama setahun terakhir, GoFood telah memfasilitasi edukasi untuk pelatihan pengembangan usaha pelaku UMKM kuliner lewat Komunitas Partner GoFood (KOMPAG).

Selain itu, melalui KOMPAG, GoFood juga aktif memfasilitasi jejaring (network) antar sama sesama pelaku kuliner.

Edukasi dan jejaring menjadi semakin dibutuhkan untuk mendukung UMKM beradaptasi selama pandemi dan menyadari hal ini, KOMPAG telah menyesuaikan tema pelatihan sehingga dapat menjawab kebutuhan para mitra UMKM, baik untuk meningkatkan transaksi dengan solusi dari ekosistem Gojek serta tips dan trik dari para praktisi untuk mengembangkan usaha dengan strategi pemasaran yang kreatif.


Chief Food Officer Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo, pada kesempatan perayaan 1 tahun berdirinya KOMPAG mengatakan kegiatan edukasi ini bertujuan agar para mitra usaha GoFood memahami seluk-beluk berbisnis kuliner online serta berjejaring dengan sesama pelaku UMKM.

"Hal ini menjadi salah satu refleksi komitmen GoFood yang terus berupaya menjadi growth partner terbaik mitra usaha kami," ujar Catherine, Selasa (27/10).

Catherine pun mengaku bangga atas pencapaian para mitra usaha GoFood yang telah banyak belajar dan berkembang dari KOMPAG, terlebih selama pandemi. Tantangan akibat keadaan pandemi ini tidak menyurutkan semangat GoFood dan para mitra usaha untuk bangkit dan beradaptasi.

"Kami harap, KOMPAG dapat terus menjadi sarana edukasi dan berjejaring andalan para mitra usaha GoFood, serta menebar dampak sosial yang lebih luas ke depannya," ujarnya.

KOMPAG memiliki lebih dari 67.000 anggota mitra usaha yang berasal dari 69 kota di Indonesia, dan telah memberikan lebih dari 100 tema pelatihan lewat sesi pelatihan reguler, Ngobrol Pintar bareng GoFood (NGOPI) Live melalui Facebook dan pertemuan Temu KOMPAG.

Diketahui selama pandemi, sesi pelatihan reguler KOMPAG diadakan secara online dan diikuti rata-rata 2.000 peserta per sesi atau naik 20 kali lipat dari jumlah anggota yang hadir ke pertemuan fisik di masing-masing kota.

KOMPAG bagikan ilmu bisnis 

Dodi Sandra, Pemilik Pempek Pistel Kiarin, Bandung, anggota KOMPAG mengaku mendaftarkan usahanya di GoFood menjadi awal dari banyak kesempatan, termasuk kesempatan belajar melalui KOMPAG.

"Berawal dari pelatihan berbisnis kuliner yang saya ikuti semasa menjadi mitra driver Gojek, akhirnya saya memutuskan untuk memulai usaha kuliner," ujar Dodi.

Kemudian Dodi giat menerapkan ilmu serta tips bisnis dari GoFood yang disampaikan melalui KOMPAG, tentunya juga aktif membangun jejaring sesama pengusaha kuliner di Bandung. Manfaatnya, usaha Dodi tetap berjalan meski di tengah terpaan pandemi seperti sekarang.

"Alhamdulillah, walaupun di masa yang menantang ini, rezeki hasil jualan bisa saya bagikan ke teman-teman mitra driver dan masyarakat sekitar, berupa masker dan makanan gratis. Apresiasi dari Gojek ini tentunya saya dedikasikan untuk menginspirasi pelaku UMKM agar pantang menyerah walaupun di tengah masa sulit sekalipun," lanjut Dodi.

Kisah inspiratif Dodi ini mengantarkannya meraih juara pertama Mitra Inspiratif KOMPAG dan salah satu pemenang Mitra Juara Gojek (MJG) untuk Kategori GoFood.

Masyarakat dapat mengenal lebih dekat para mitra Gojek dengan kisah paling inspiratif di gojek.com/hari-jadi dan https://bit.ly/MJG2020. Masyarakat juga dapat berpartisipasi memilih mitra favorit yang akan diberikan gelar "Mitra Juara Pilihan Gojekers" dengan memberikan Like pada video profil mitra di Youtube Gojek tersebut.

Pemilihan Pemenang 'Mitra Juara Pilihan Gojekers' akan ditentukan berdasarkan akumulasi likes dari tiap video finalis MJG 2020 dengan puncak live voting pada perayaan utama hari jadi Gojek ke-10 yang akan berlangsung dalam waktu dekat.

(stu)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK