Bugatti Bolide, Supercar untuk Trek Melesat Hingga 482 Kpj

Jonathan Patrick, CNN Indonesia | Senin, 02/11/2020 07:55 WIB
Bugatti Bolide dikenal sebagai mobil konsep yang dirancang untuk lintasan balap, bukan di jalanan umum. Supercar ini mampu bergerak hingga 482 km/jam. Ilustrasi Bugatti Bolide. (Foto: AFP PHOTO / FABRICE COFFRINI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bugatti Bolide yang menyemburkan daya 1.824 Hp menjadi mobil tercepat Bugatti. Bolide diambil berdasarkan bahasa gaul Prancis yang berarti "mobil yang sangat cepat".

Bugatti Bolide dikenal sebagai mobil konsep yang dirancang untuk trek balap, bukan di jalanan umum.

Bolide dibekali mesin besar 8.000 cc 16 silinder quad-turbo yang juga dipakai Bugatti Chiron, namun sudah melewati sentuhan modifikasi. Konstruksi mobil dibangun menjadi super ringan dan dapat mencapai kecepatan maksimal lebih dari 300 mil per jam atau 482 km per jam.


Didesain untuk aerodinamika yang optimal, Bolide memiliki tinggi tiga kaki atau sekitar 91 meter. Mobil ini sekitar satu kaki atau 30 cm lebih pendek dari Chiron.

Untuk masuk ke mobil, pengemudi atau penumpang harus terlebih dahulu duduk di ambang pintu. Kemudian baru memasukkan kaki ke dalam sebelum meluncur ke kursi.

Dalam mendesain Bolide, Bugatti memerhatikan pada pengurangan bobot dan peningkatan aerodinamika. Air scoop-nya dikaim mengurangi daya angkat aerodinamis hingga 17 persen.

Bugatti mengatakan semua sekrup dan pengencang di dalam mobil dibuat dari titanium. Sebagian besar bagian mobil lainnya terbuat dari serat karbon ringan dan paduan titanium.

Bolide memiliki berat lebih dari 2.700 pound atau 1,2 ton, jauh lebih ringan dibandingkan Chiron dengan berat 4.400 pound atau 1,9 ton.

"Semua keahlian Bugatti telah diringkas menjadi Bugatti Bolide," kata Stefan Ellrott, kepala pengembangan Bugatti, mengutip CNN, Sabtu (1/11).

Bugatti belum mengatakan apakah akan menjual Bolide. Sebab mobil dikabarkan belum memiliki banyak perlengkapan keselamatan penumpang dan pengendara seperti airbag. Akan tetapi, mobil jenis ini memiliki perlengkapan keselamatan khusus yang diperlukan di banyak trek balap, seperti perlengkapan untuk tali pengaman balap.

Ellrot mengatakan konstruksi desain Bolide adalah kesempatan untuk mencoba teknik baru dengan tujuan mengurangi berat badan dan meningkatkan kinerja.

Misalnya, turbocharger yang dipasang pada mesin dirancang khusus untuk menghasilkan lebih banyak tenaga pada kecepatan tinggi.

Sistem pelumasan Bugatti didesain ulang untuk menghadapi gaya menikung yang sangat tinggi yang dapat menyebabkan oli menjauh dari tempat yang diperlukan.

Seandainya Bugatti memutuskan untuk menjual Bolide, label harganya pasti akan mencapai jutaan dolar, berdasarkan harga mobil Bugatti lainnya dan harga mobil sejenis dari pembuat mobil lain.

Chiron sendiri harganya lebih dari US$3 juta atau Rp43,7 miliar dan hanya 500 unit di dunia.

(jnp/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK