Mati Lampu, Pengguna Ponsel Keluhkan Sinyal Buruk

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Minggu, 01/11/2020 15:11 WIB
Sejumlah pengguna ponsel mengeluhkan sinyal ponsel buruk sejak hujan deras mengguyur Jakarta dan sekitarnya disertai pemadaman listrik, Minggu (1/11). Sinyal ponsel sejumlah provider mengalami masalah sejak hujan deras mengguyur Jakarta dan sekitarnya disertai pemadaman listrik hari ini Minggu (1/11).. (Foto: (dok. CNNIndonesia.com/ Eka Santhika))
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah pengguna ponsel mengeluhkan sinyal ponsel buruk sejak hujan deras mengguyur DKI Jakarta dan sekitarnya, Minggu (1/11). Kondisi itu diperparah dengan pemadaman listrik PLN di sejumlah daerah di Jakarta, Depok, dan Bogor.

Salah satu pengguna ponsel yang mengeluhkan sinyal adalah Jonathan yang tinggal di Pondok Gede, Jakarta Timur. Ia menggunakan provider Telkomsel yang Ia gunakan mulai bermasalah sekitar pukul 14:00 WIB.

"Sinyal hilang timbul. Sampai ada notifikasi dengan tulisan 'No Mobile Data Services. Temporarily tuned off by your operator'," kata Jonathan kepada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Minggu (1/11).


Jonathan menjelaskan tanda sinyal yang kembali muncul tidak menjadi jaminan bahwa koneksi akan lancar. Ia sempat mencoba menelpon saat sinyal muncul, namun tetap tidak bisa.

"Enggak nyambung sama sekali untuk telepon. Sinyal 4G cuma satu bar, kemudian langsung turun ke egprs," kata Jonathan.

Hal serupa dialami oleh Priska Sari yang juga menggunakan jaringan Telkomsel. Sinyal mendadak hilang pukul 13:00 WIB setelah hujan deras dan padam listrik di tempat tinggalnya, Kalibata, Jakarta Selatan.

"Sinyal hilang kemudian langsung muncul tulisan 'no service'. Sinyal mulai kembali pulih sekitar pukul 14:00 WIB," ucap Priska.

Audiza Rachma yang menggunakan provider Indosat juga mengalami gangguan sinyal. Ia mulai merasakan gangguan pada pukul 14:00 WIB saat hujan deras mengguyur wilayah Jakarta dan sejumlah daerah lain.

"Bukan sinyal lemot lagi, beneran enggak dapat sinyal internet sama telepon biasa. Sinyal jarang muncul," kata Diza yang tinggal di kawasan Harmoni, Jakarta Pusat.

Ia menjelaskan sinyal sempat muncul beberapa kali namun kembali hilang. Gangguan ini kurang lebih berlangsung selama 45 menit hingga pukul 14:45 WIB.

Keluhan juga datang dari sejumlah netizen. Salah satunya akun @evebangga

Selain itu ada pemilik akun lain mengeluhkan sinyal ponsel buruk kala hujan dan pemadaman listrik menerpa wilayah Jakarta.



(adp/mik)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK