Minyak dan Gas Bumi UU Ciptaker jadi 'Bulan-bulanan' Netizen

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Selasa, 03/11/2020 14:07 WIB
Minyak dan gas bumi adalah minyak bumi dan gas bumi dalam Pasal Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja mendapat perhatian dari Netizen. Halaman depan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. (Foto: Screenshot via web jdih.setneg.go.id)
Jakarta, CNN Indonesia --

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja terus menuai polemik. Tak hanya dalam pembahasan, polemik juga terjadi setelah Presiden Joko Widodo meneken UU tersebut dan mengunggahnya ke JDIH Setneg agar bisa diunduh publik.

Salah satu polemik pasca UU itu diteken Jokowi adalah soal definisi minyak dan gas bumi. Dalam UU Ciptaker disebutkan bahwa "minyak dan gas bumi adalah minyak bumi dan gas bumi", dan tidak ada penjelasan lebih lanjut.

Salah satu akun yang mengungkit soal hal itu adalah @gitaputrid. Dia menuturkan bahwa definisi minyak dan gas bumi itu sama persis dengan yang termuat dalam UU Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas.


"Definisi minyak dan gas bumi ini merujuk rumusan untuk menjelaskan konteks yang ada di UU Migas 22/2001. Bisa ngakak di soal lain, tapi bukan yang ini gengs," kicau @gitaputrid, Selasa (3/11).

Di sisi lain, akun @trendingtopiq menilai definis tersebut sudah benar. Dia mengatakan definisi itu dibuat untuk kebutuhan dalam menjelaskan pasal-pasal selanjutnya yang ada di dalam UU Ciptaker.

"Ini bener. Definisi ini terbatas pada kebutuhan pasal-pasal berikutnya dalam UU agar tidak terjadi multitafsir, bukan definisi berdasar kebutuhan umum. Pasal-pasal berikutnya bisa jadi mengatur 'minyak bumi' saja, 'gas bumi' saja, atau 'minyak dan gas bumi'.," kicau @trendingtopiq.

Senada, akun @catuaries berkata penjelasan yang termuat di UU Ciptaker mengenai minyak dan gaas bumi sudah tepat. Sebab, dia menjelaskan minyak dan gas bumi merupakan sesuatu yang baru. Sehingga, dia berpendapat hal itu perlu didefinisikan.

"Yang didefinisikan itu 'Minyak Bumi dan 'Gas Bumi'. 'Minyak dan Gas Bumi' itu benda baru. Makanya harus didefinisikan. Silahkan aja pada ketawa-ketawa hahaha. Kayak ga pernah berhadapan sama dokumen legal," kicau @catuaries.

Sementara itu, akun @journalin mengaitkan definisi minyak dan gas bumi dalam UU Ciptaker dengan kalimat yang biasa diucapkan oleh salah satu tokoh dalam film Kera Sakti, yakni Biksu Tong Sam-chong .

"Minyak dan gas bumi adalah minyak dan gas bumi. Kosong adalah isi, isi adalah kosong," kicau @journalin .

(jps/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK